gili trawangan
gili trawangan

keliling-dunia.com, Pada kegiatan Rapat Koordinasi Percepatan Normalisasi Pariwisata Pasca Bencana Gempa Lombok di Gili Trawangan, Minggu, 16 september yang lalu. Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, mengungkapkan 3 hal mengenai pulau ini. Namun, Setelah kejadian gempa, ada beberapa hal yang perlu dibahas, ujarnya.

Luhut sempat menyorot tiga hal yang dia temukan pada pulau itu dan perlu untuk segera mendapat perhatian agar bisa ditangani secara koordinasi. 3 Hal itu diantara lain:

  1. Pembuangan dan pengolahan sampah.

Menurut beliau, kapasitas lahan tempat pembuangan sampah di Trawangan tidak cukup memadai. Dengan Jumlah Sampah 10 hingga 15 ton sampah per hari, mekanisme pembuangan dan sistem pengumpulan sampah yang baik sangat diperlukan. Jika Trawangan kotor, maka turis mancanegara akan enggan untuk datang, ujarnya.

Pemerintah akan mengusahakan untuk mendatangkan incinerator berkapasitas 10 ton per hari. Agar sampah dapat diolah dan dimanfaatkan untuk pulau tersebut

  1. Kebersihan serta luas badan jalan.

Masalah kebersihan dan luas badan jalan juga disinggung. Namun beliau memuji jenis kendaraan utama pulau ini yaitu andong atau cidomo. Kendaraan ini menjaga udara di Trawangan tetap terjaga kebersihannya. Mengenai aspal, akan dibicarakan dengan Menteri PUPR untuk membangun jalan aspal, ujar Luhut.

  1. Jetty

Merupakan pangkalan pelabuhan kecil untuk penumpang boat yang bolak-balik ke gili dianggap kurang memadai. Beliau mengatakan bahwa pemerintah akan membangun jetty baru untuk mengakomodasi kebutuhan para wisatawan.

Luhut berharap agar persoalan-persoalan  tersebut dapat ditangani sesegera mungkin. Peran pemerintah daerah Lombok diminta ikut berkoordinasi agar, penanganan yang dilakukan terpadu. Ia berharap bulan November ke depan sudah bisa mulai dilaksanakan tahap perbaikannya.

Menko Maritim tidak mengira bahwa gempa yang baru terjadi beberapa waktu lalu tidak mempengaruhi jumlah wisatawan ke Pulau Gili Trawangan. Beliau tidak menyangka bahwa pulau tersebut mampu menarik turis dengan jumlah wisatawan 1500 orang per hari

Akan Tetapi, dia mengingatkan agar kedatangan para turis dijaga, sehingga tidak terlalu padat nantinya. Mengenai pembangunan kembali, Luhut berujar bahwa, kualitas bangunan harus lebih baik agar tidak mudah rusak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here