jajanan kuliner bandung
jajanan kuliner bandung

keliling-dunia.com, Bicara mengenai kuliner di Indonesia maka Kuliner Bandung adalah topik utama yang kerap dibincangkan. Ini terlihat dari berbagai jajanan maupun makanan yang kerap menjadi perbincangan masyarkat terutam netizen. Makanan yang kerap dibicarakan akan menjadi trending topic di berbagai media sosial sebut saja twitter dan Instagram. Hal yang dibicarkan biasanya berkaitan dengan review maupun tampilan dari makanan.

Diantara kuliner yang menjadi tren itu, sebagian darinya dijadikan ide bagi masyarakat untuk menjual makanan yang sama di lingkungan mereka. Sehingga masyarakat yang jauh dari kota Bandung bisa tetap menikmati kuliner tanpa harus langsung membelinya di Bandung. Berikut 5 jajanan Kuliner Bandung yang bisa ditemukan di kota lain:

1. Batagor
Siapa yang tidak kenal dengan masakan yang merupakan singkatan dari bakso tahu goreng ini. Seperti namanya makanan ini merupakan campuran antara bakso dan tahu yang telah digoreng. Setelah digoreng bakso dan tahu di potong kecil-kecil kemudian disiram dengan bumbu kacang. Jika berkunjung ke bandung membeli ke batagor hanjuang bisa menjadi pilihanmu.

2. Surabi
Awalnya surabi terbuat dari bahan dasar tepung, kemudin dibakar tungku. Pilihan rasanya pun awalnya sangat terbatas yaitu manis dan gurih. Namun saat ini telah tersedia dengan berbagai topping seperti nangka, keju, cokelat dan sebagainya. Salah satu restoran bandung yang memiliki banyak outlet di berbagai kota adalah restoran Soerabi Bandung.

3. Cilok
Jajanan yang satu ini sekilas tampak menyerupai bakso ini adalah Kuliner Bandung yang masih hits hingga saat ini. Cilok memang tampak seperti bakso namun, versi yang lebih kecilnya. Cilok terbuat dari adonan tepung kanji atau aji yang kemudian di bentuk bulat lalu ditusuk dengan lidi. Di Bandung sendiri cilok disajikan dengan bumbu kacang namun pada kota lain mulai dimodifikasi seperti disiram kuah sambel dan sebagainya.

4. Piscok
Merupakan singkatan dari pisang coklat. Piscok terbuat dari pisang yang dilumuri coklat kemudian dibungkus kulit lumpa lalu digoreng. Itulah sebabnya piscok identik dengan rasam manis serta gurih. Piscok cocok sebagai hidangan pencuci mulut.

5. Martabak Bandung
Kuliner Bandung yang satu ini telah sejak lama disukai banyak kalangan masyarakat. Keberadaan martabak bandung diberbagai daerah-daerah di penjuru Indonesia membuat nama martabak ini sangat dikenal dan tidak asing bagi penikmat kuliner Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here