Menikmati wisata Dieng
Menikmati wisata Dieng

Keliling-dunia.com, Melakukan wisata Dieng memang menjadi mimpi bagi orang-orang yang suka menjelajah alam. Tempat wisata di Indonesia ini memang tak pernah sepi pengunjung, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Banyak orang beramai-ramai mendaki ketinggian Dieng untuk menikmati keindahan alamnya yang terkenal, apalagi matahari terbit.

Selain menikmati keindahan alamnya, Dieng dikenal sebagai lokasi wisata yang murah meriah. Tapi tetap saja, kamu harus waspada karena pasti banyak yang mengambil kesempatan. Bisa-bisa isi dompet kamu malah bisa terkuras.

Nah, jika kamu berencana untuk melakukan wisata Dieng dengan lebih hemat dan lancar, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba. Check this out!

1. Transportasi

Jalur satu-satunya yang bisa kamu lewati menuju Dieng hanya lewat jalur darat. Perjalanan ini bisa kamu tempuh dengan menggunakan bis atau kereta api. Jika berasal dari luar Jawa, tentu saja kamu harus mendarat di Jakarta menggunakan pesawat terbang, bisa juga ke Yogyakarta atau Solo. Kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan bis ke terminal Mendolo yang ada di Wonosobo. Harga tiket bis juga bervariasi tergantung pada kelas yang tersedia. Mulai dari bis kelas ekonomi dengan harga Rp 85.000, kelas VIP seharga Rp 110.000 dan eksekutif dengan harga Rp 180.000 dengan waktu tempuh selama 10-12 jam perjalanan.

Alternatif lainnya adalah dengan naik kereta api, hanya saja opsi ini lebih mahal. Kamu bisa naik kereta api dari stasiun Pasar Senen ke stasiun Purwokerto dan melanjutkan ke wonosobo menggunakan bis. Tiket kereta api seharga Rp 100.000 untuk kelas ekonomi dan Rp 200.000-300.000 untuk kelas executive dengan waktu tempuh 4-5 jam perjalanan.

2. Sediakan Baju Hangat

pada saat musim kemarau, suhu di Dieng bisa mencapai 11 derajat celcius. Bisa kamu bayangkan suhu di Dieng jika sedang musim hujan? Oleh sebab itu, kamu perlu membawa perlengkapan baju hangat seperti jaket, kaus kaki, sarung tangan, topi rajut, serta penutup telinga. Jangan lupa untuk membawa krim wajah dan krim tubuh serta pelembab bibir karena udara yang dingin di Dieng bisa membuat kulit kamu kering bahkan mengelupas. Namun, meskipun suhu dingin, bukan berarti kamu harus melupakan sun protection ya.

3. Memilih penginapan murah

Penginapan di Dieng kebanyakan berbentuk homestay yang sebagian besar belum terdaftar di beberapa situs pemesanan hotel online. Sehingga kamu memang harus mencari secara langsung penginapan yang murah di sana. Sebagai referensi, pada umumnya masyarakat mematok harga sewa homestay Rp 100.000-250.000 per malamnya. Jika kamu berangkat bersama rombongan, kamu bisa menyewa rumah dengan kisaran harga Rp 600.000-800.000 per malam.

4. Berburu wisata kuliner lokal

Dieng tentu saja memiliki makanan khas yang hanya ada di sana. Mie Ongklok yang merupakan makanan khas Wonosobo, biasanya disajikan dengan sate tahu dan Purwaceng yang merupakan makanan khas Dieng.

5. Warung makan

Tips wisata Dieng murah
Tips wisata Dieng murah

Tentu saja jika ingin menikmati wisata murah, kamu harus menekan budget di semua lini. Termasuk soal makanan. Carilah tempat makan kaki lima atau warteg agar tidak terlalu menguras kantong. Carilah referensi sebanyak-banyaknya sebelum berangkat ke sana dari para Traveler yang sudah pernah mengunjungi Dieng. Biasanya menu-menu seperti ini tidak memiliki daftar menu, sehingga ada baiknya untuk menanyakan harga makanan yang akan kamu pesan. Bisa saja penjual menaikkan harga berlipat-lipat ketika tahu kamu adalah wisatawan. Umumnya makanan di Dieng berkisar antara Rp 10.000-15.000 per porsi.

6. Rental Sepeda Motor dan Mobil

Jika kamu melakukan wisata DIeng, ada baiknya untuk berkunjung ke Dieng. Sebab, transportasi yang membawa dari satu tempat ke tempat wisata lain cukup sulit dicari.

7. Harga tiket objek wisata di Dieng

Ada beberapa tempat wisata Dieng yang memang memasang tarif tiket masuk, tapi ada juga yang murah bahkan gratis kok. Seperti misalnya panjat Gardu Pandang Tieng (gratis), candi Arjuna (Rp 5.000), Desa Sembungan, Desa Tertinggi di pulau Jawa, dan tempat wisata lainnya yang memiliki harga tiket murah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here