Tempat wisata di Singkawang
Sejumlah tempat di Singkawang memiliki pemandangan alam yang indah.

Kelilingdunia.com, Singkawang atau San Keuw Jong menjadi salah satu kota di Kalimantan Barat yang mayoritas penduduknya merupakan keturunan Tionghoa. Tidak heran bila kota yang memiliki julukan Hongkong van Borneo serta Kota 1000 Klenteng ini disebut-sebut memiliki perayaan Imlek atau tahun baru Cina paling meriah. Terdapat sejumlah tempat wisata di Singkawang yang wajib untuk dikunjungi.

Letaknya yang dikelilingi oleh Pegunungan Pasi, Poteng, dan Sakok menghadirkan suasana alam yang begitu indah dengan berjuta pesonanya. Tak hanya tempat wisata dengan pesona alam yang begitu indah namun juga terdapat sejumlah tempat wisata di Singkawang yang bisa melepas penat di akhir pekan setelah beraktifitas selama lima hari penuh.

Berikut sejunlah tempat wisata di Singkawang yang menjadi favorit :

Hutan Mangrove Setapuk

Hutan mangrove menjadi salah satu tempat favorit wisatawan untuk berkunjung, walau cuaca yang panas tak menghalangi wisatawan untuk datang dan berswafoto disini. Di beberapa hutan mangrove yang telah dijadikan taman konservasi dan tempat wisata memang selalu diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Di Singkawang juga terdapat hutan mangrove Setapuk yang terletak di Setapuk Besar, Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Di kawasan ini memiliki sejumlah fasilitas yang seru seperti outbond, hunting foto, memancing, serta menyusuri hutang mangrove dengan speedboat. Di sini wisatawan bisa menikmati pemandangan hutan mangrove wisatawan bisa menaiki tower yang berada di sana untuk menikmati pemandangan dari atas yang sangat indah.

Danau Biru

Kata siapa bekas galian tambang tidak bisa dijadikan tempat wisata, walau tidak semua bekas galian tambang bisa dijadikan sebagai tempat wisata di Singkawang ada tempat wisata dengan pemandangan indah lho.

Danau Biru Singkawang yang terletak di Roba, Singkawang Tengah ini menjadi salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi ketika berkunjung ke kota Singkawang. Danau yang terbentuk di bekas galian tambang ini memiliki pemadangan yang menarik memiliki air danau berwarna biru kehijauan alami menjadikan wisatawan senang untuk memandangnya karena membawa kesejukan.Selain hanya menikmati pemandangan  danau, wisatawan juga bisa menemukan sejumlah spot untuk berfoto yang keren lho.

Pantai Tanjau Bajau

Pantai memang menajadi salah satu tempat wisata yang rasanya selalu menarik wisatawan kemana pun mereka berlibur. Di Sedau, Singkawang Selatan terdapat sebuah pantai bernama Tanjung Bajau. Untuk bisa masuk wisatawan perlu merogoh kocek Rp 50.000 untuk tiket masuk, namun cukup sepadan dengan fasilitas yang ditawarkan.

Selain wisatawan menikmati keindahan pantai, mereka juga bisa mengunjungi Sinka Zoo yang berada di pinggir pantai. Di kebun binatang ini terdapat sebuah jembatan yang menuju ke Pulau Simping dengan keindangan alam yang menawan.

Terdapat juga Taman Dunia Air yang berupa akuarium besar dengan segala macam jenis ikan di dalamnya. Tepat di belakang Taman Dunia Air, wisatwan bisa bersantai di Bukit Rindu Alam  dengan suasana yang menenangkan. Dari atas bukit, wisatawan bisa menikmati keindahan pantai serta pemandangan pegunungan yang terlihat eksotis.

Taman Batu Belimbing

Taman Batu Belimbing jadi salah satu tempat wisata di Singkawang yang jadi favorit wisatawan.

Wisatawan yang berkunjung ke Taman Batu Belimbing akan disuguhkan dengan suasana alam yang menyejukan dan tenang sehingga cocok untuk melepas penat. Di namakan Taman Batu Belimbing karena di sini tedapat sebuat batu berbentuk unik yang menyerupai buah belimbing yang bisa dijadikan latar untuk berswafoto. Taman ini terletak di Nyarumkop, Singkawang Timur.

Air Terjun Sibohe

Suasana air terjun yang masih sangat alami ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata untuk menghilangkan penat di akhir pekan. Walau akses untuk menuju tempat ini terbilang butuh perjuangan akan tetapi ketika sampai ditujuan maka rasa lelah wisatawan akan terbayarkan dengan keindahan air terjun ini.

Air terjun yang terletak di Sibohe, Desa Pajintan, Kecamatan Singkawang Timur ini memiliki air yang jernih dan airnya yang dingin membuat wisatawan yang berenang di kolamnya terasa segar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here