tempat kuliner di Bandung Mie Kocok
tempat kuliner di Bandung Mie Kocok Persib

Keliling-dunia.com, Akhir pekan memang paling seru kalau dihabiskan untuk berkunjung ke tempat kuliner di Bandung. Jika kamu sedang di kota kembang atau ingin bepergian ke kota tersebut.

Kamu akan butuh setidaknya dua hari untuk menjelajah semua menu makanan ini. Kamu siap? Yuk, langsung kita lihat saja.

1. Es Lilin Bandung

Ini merupakan esnya urang Bandung. Sempat redup, akhirnya kini kembali naik daun lagi dengan kreasi olahan yang lebih beragam dan disesuaikan dengan lidah pasar saat ini.

Salah satunya adalah es lilin Bandung Aneka Rasa yang diciptakan oleh bapak A. Setia Permana. Es ini bisa dinikmati dengan beragam pilihan rasa, ada durian, coklat, anggur, vanilla, alpukat, dan rasa lainnya. Bahkan bisa juga dijadikan oleh-oleh karena daya bekunya cukup lama.

2. Seblak Deu Tjenghar

Tjenghar dalam bahasa Sunda berarti membelalak. Seblak yang satu ini memiliki rasa yang enak sekali sehingga membuat mata kamu membelalak. Kamu juga bisa minta tambahan sambal lebih banyak agar semakin tjenghar.

Pilihan menu seblak ini ada 30 pilihan. Mereka juga menyediakan menu khusus vegetarian, lho. 

3. Kupat Tahu Gempol

Tempat kulliner di Bandung Kupat Tahu
Tempat kulliner di Bandung Kupat Tahu Gempol

Dalam sebuah interview, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pernah merekomendasikan kupat tahu ini. Kupat tahu yang cenderung memiliki rasa manis ini sedikit berbeda karena menggunakan kerupuk terasi berwarna merah. Kupat tahu Gempol ini selalu ramai dikunjungi meskipun agak terpencil.

4. Kue Balok Kang Didin

Nah, menu yang satu ini wajib jadi camilan saat berwisata ke Bandung. Kue asal Garut ini memang makin ramai dijual, salah satu yang harus kamu coba adalah Kue Balok Kang Didin. Teksturnya yang kering dan lembut menjadi perpaduan yang enak saat digigit. Apalagi lelehan isinya yang lumer, bikin nagih deh.

5. Lontong Kari Kebon Karet

Pilihan menu berat lain yang juga harus dicoba saat berkunjung ke Bandung adalah Lontong Kari Kebon Karet. Lontong ini disajikan dengan potongan lontong, emping, daging sapi, jeruk nipis, dan bawang goreng. Rasanya kuah karinya yang agak kental berasa manis gurih berwarna kuning kecoklatan. Ada juga pilihan menu lontong kari spesial dengan setengah potong telur ayam rebus dalamnya.

6. Nasi Timbel Bawean

Selain lontong, menu mengenyangkan lainnya adalah nasi timbel bawean yang buka dari pagi hingga sore. Makanan ini termasuk legendaris karena sudah buka sejak 1985. Nasi timbel ini disajikan dengan ayam goreng, perkedel, tahu, pepes, tempe, dan sayur asem. Bahkan nasinya juga tersedia nasi merah.

7. Mie Kocok Persib

Mie ini berada di dekat Stasion Persib. Mie Kocok ini termasuk dalam salah satu tempat kuliner di Bandung sangat legendaris karena sudah ada sejak 1963. Per porsinya kamu hanya cukup merogoh kocek sekitar Rp 23.000. Cobain deh, sensasi makan mie kocok dengan tulang iga yang disajikan dalam mangkuk mienya.

8. Surabi Cihapit

Tempat kuliner di Bandung Surabi Cihapit
Tempat kuliner di Bandung Surabi Cihapit enak

Surabi Cihapit ini dijual dengan gerobak sederhana namun ramai peminat. Rasa istimewa surabi ini berasal dari bahan premium dan metode memasaknya yang masih sederhana, dengan menggunakan tungku dengan kayu sebagai bahan bakarnya. Setiap poorsinya, surabi ini dibanderol dengan harga Rp2000-10.000, lengkap dengan aneka topping yang disediakan.

9. Bandros Cowboy Cisangkuy

Kue Bandros merupakan jajanan khas daerah Sunda. Kue ini dibuat dari campuran kelapa parut, tepung beras, serta santan. Bandros paling terkenal adalah Bandros Cowboy Cisangkuy. Dinamakan cowboy karena penjualnya selalu menggunakan topi ketika berdagang. Menu yang disediakan punya beragam, seperti green tea, keju, coklat, kitkat, tobleron, oreo, dan susu.

10. Batagor Haji Isan

Batagor Haji Isan merupakan salah satu tempat kuliner di Bandung yang khas. Dirintis sejak tahun 1970-an, dan sudah memiliki banyak gerai yang tersebar di kota Kembang. Bisa milih batagor dengan saus kacang pedas atau disiiram kuah panas segar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here