Tempat bagus di Palembang
Sejumlah tempat bagus di Palembang ini bisa jadi referensi berwisata.

Keliling-dunia.com, Palembang merupakan sebuah kota yang dijadikan ibu kota Sumatera Selatan ini menjadi kota kedua tersebesar setelah Medan. Kota yang memiliki luas wilayah 358,55 km persegi ini dihuni oleh 1.573.898 jiwa berdasarkan data 2018 serta kepadatan penduduk yang mencapat 4.800 per kilometer persegi. Terdapat sejumlah tempat bagus di Palembang yang layak untuk dikunjungi wisatawan, mulai dari wisata kuliner hingga wisata alam dan sejarahnya.

Kota yang sempat menjadi salah satu tempat dilaksanakannya Asean Games 2018 ini mayoritas penduduknya adalah berasal dari etnis melayu dan menggunakan bahasa Melayu. Selain itu di Palembang juga terdapat warga keturunan Tionghoa, Arab dan India, serta warga pendatang seperti Jawa, Minangkabau, Madura, Bugis, dan Banjar. Banyaknya penduduk keturunan di kota Palembang membuat adanya percampuran budaya dalam segi arsitektur dan makanan.

Berikut sejumlah tempat bagus di Palembang yang layak untuk dikunjungi pelancong:

Jembatan Amperan dan Sungai Musi

Ketika berkenjung ke Palembang tak lengkap rasanya jika tidak menikmati pemandangan Sungai Musi dan kemegahan Jembatan Ampera yang menjadi ikon ini. Jembatan yang dibangun pada 1962 ini merupakan singkatan dari Amanat Penderitaan Rakyat, jembatan ini pun dibangun di atas Sungai Musi yang menjadi salah satu sungai terluas di Indonesia. Jembatan Ampera ini menjadi jalur lintas kendaraan yang menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir.

Jika wisatawan ingin menikmati keindahan kota Palembang secara maksimal, sebaiknya Anda mengunjungi jembatan ini pada malam hari karena jembatan Ampera lebih terlihat megah ditambah dengan ornamen lampu yang menghiasi jembatan ini.

Masjid Cheng Hoo

Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Sriwijaya Palembang atau Masjid Cheng Hoo menjadi salah satu destinasi wisata religi yang wajib untuk dikunjungi ketika berkunjung ke Palembang. Masjid yang berlokasi di Jakabiring, Palembang ini memiliki nuansa bangunan ala muslim Tionghoa.

Masjid Cheng Hoo jadi salah satu tempat bagus di Palembang yang wajib dikunjungi wisatawan.

Masjid yang didirikan atas prakarsa dari sesepuh, penasehat, dan pengurus Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Sumatera Selatan serta tokoh masyarakat Tionghoa di sekitar Palembang. Selain itu, masjid ini dibangun dengan adanya perpaduan uncur Cina, Melayu, dan Nusantara ini memiliki dominasi warna merah.

Nama Cheng Hoo yang sematkan pada masjid ini pun tak lepas dari sosok Laksamana Cheng Hoo yang sempat datang ke Palembang sebanyak tiga kali. Laksamanan Cheng Hoo berperan pula dalam penyebaran Islam di daerah pesisir Palembang.

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang

Palembang juga memiliki sejumlah wisata sejarah dan salah satunya adalah museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Museum ini merupakan peninggalan kerajaan Palembang Darussalam. Lokasinya berada di antara Jembatan Ampera dan Benteng Kuto Besak.

Benteng Kuto Besak di Palembang

Benteng Kuto Besak menjadi salah satu wisata sejarah yang wajib untuk didatangi. Benteng ini menjadi bukti kejayaan masa kejayaan kerajaan Palembang Darusalam pada masa lampau. Di benteng inii terdapat kantor keseharan yaitu Kodam Sriwijaya II serta rumah sakit.

Selain itu, benteng ini cukup unik karena menjadi benteng yang dibangun dengan bahan dasar dinging baru. Zaman dulu, benteng ini dimanfaatkan untuk pertahanan dari serangan musuh.

Bukit Siguntang Palembang

Bukit Siguntang bisa menjadi salah satu objek wisata alam yang wajib dikunjungi. Bukit yang terletak di kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I ini memiliki ketinggian 29-30 meter . Tempat ini dipercaya sebagai tempat ritual peribadatan dan bersemedi. Selain itu, wisatawan juga bisa berziarah ke makam-makan para bangsawan zaman dahulu yang dianggap sebagai orang penting pendiri kota Palembang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here