Taman Cinta Singkawang

Keliling-dunia.com, Singkawang atau San Keuw Jong merupakan sebuah kota yang berada di Kalimantan Barat. Kota yang terletak sekitar 145 km di sebelah utara kota Pontianak ini dikelilingi oleh pegunungan Pasim Poteng dan Sakok dengan pemandangan yang indah. Kota Singkawang ini memiliki sejumlah destinasi wisata alam yang menarik para wisatawan untuk datang berkunjung, dan salah satunya adalah Taman Cinta Singkawang.

Singkawang yang brarti kota dibukit dekat laut ini memiliki destinasi wisata unggulan di Kalimantan Barat yakni Taman Cinta yang terletak di Gunung Poteng. Objek wisata yang diresmikan pada 2016 lalu ini juga memiliki wisata air Pajintan.

Tempat wisata rekreasi ini terletak di Jalan Raya Pajintan, Kecamatan Singkawang Timur atau berjarak kurang lebih 3 kilometer dari pusat Kota Singkawang. Tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan alam indah ini buka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Pengunjung bisa mendapatkan tiket masuk tempat wisata ini dengan harga Rp 40.000 per orang. Namun jika masuk mulai pukul 17.00 WIB, pengunjung bisa mendapatkan potongan harga hingga 50 persen. Sedangkan untuk pengunjung dengan usia 70 tahun, bayi, warga panti jompo, anak-anak panti asuhan, bayi di bawah umur 2 tahun, serta yang mengalami disabilitas tiket masuk bisa didapatkan secara gratis atau tidak dipungut biaya.

Tempat wisata ini memiliki sejumlah fasilitas menarik yang bisa dikunjungi untuk menghabiskan akhir pekan. Di sini terdapat waterboom dan kolam renang terdapat wahana bermain air dengan dekorasi selunjuran berbentuk kepala naga berwarna merah dan memiliki ketinggian mencapai 19 meter dengan lingkaran leher 8 meter dan menurut pemilik Waterboom Taman Cinta wahana ini menjadi yang terbesar di dunia.

Selain itu, di Taman Cinta ini terdapat kolam yang berada di tengah lokasi dan dikelilingi oleh taman dengan beragam tanaman, sungai arus, serta ombak. Disini juga terdapat beberapa hiasan patung hewan, naga, 12 shio serta payung dengan hiasan lampion yang menarik wisatawan untuk berfoto disini. Selain menyajikan pemandangan indang Gunung Poteng, pengunjung bisa meikmati wisata malam dan berkaraoke di kanting.

Di lokasi ini terdapat Hotel Gunung Jempol bagi pengunjung yang ingin menginap. Harga yang ditawarkan penginapan ini mulai dari Rp 500 ribu per malam. Hotel Gunung Jempol ini memiliki lebih dari 60 kamar. Selain hotel, tempat wisata ini memiliki vila dengan kapasitas dua hingga tiga orang dalam satu vilanya. Total vila yang tersedia ada 6 vila.

Selain Taman Cinta, di Singkawang juga terdapat beragam wisata yang tidak kalah indahnya. Ada Waduk Pajintan. Waduk yang terletak di bagian timur Singkawang ini menyuguhkan pemandangan embung yang luas dengan pemandangan alam perbukitan yang indah. Pengunjung bisa menikmati keindahan waduk dengan berjalan kaki ditepiannya atau sekedar duduk-duduk di tepiannya.

Waduk Pajintan jadi salah satu objek wisata favorit selain Taman Cinta Singkawang.

Adapun Taman Burung Singkawang yang menjadi salah satu objek wisata favorit wisatawan. Letanknya yang strategis menjadikan tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh warga sekitar yang ingin sekedar bersantai bersama keluarga dan teman.

Tempat yang asri dan teduh membuat pengunjung merasa semakin nyaman, ditambah lagi dengan banyaknya jajanan yang menggiurkan untuk dicicipi. Tempat wsiata ini berlokasi di Jalan Merdeka Tengah, Singkawang Barat, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Terakhir ada Pantai Palm Beach. Objek wisata yang terletak bersebelahan dengan Taman Pasir Panjang Indah dengan pemandangan laut dan bebatuan yang indah. Pengunjungan bisa menikmati keindahan pantai dengan berjalan-jalan di pinggir pantai, berenang, atau sekedar bermain air di tepi pantai.

Jika kondisi cuaca sedang bagus, pengunjung bisa menyaksikan aktivitas kapal nelayan yang melintas. Selain itu fasilitas pantai ini cukup memadai, mulai dari hotel, kolam renang, tempat camping, arena offroad, hingga area voli pantai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here