Suami Jaksa Pinangki tak Mengetahui Istrinya Bertemu Djoko Tjandra

0
9
Jaksa Pinangki dan Djoko Tjandra
Suami Jaksa Pinangki tak Mengetahui Istrinya Bertemu Djoko Tjandra

Keliling-dunia.com, Jaksa Pinangki merahasiakan pertemuannya dengan Djoko Tjandra dari suaminya. Suami Jaksa Pinangki, AKBP Napitupulu Yogi Yusuf, mengaku tidak tahu-menahu bahwa istrinya pergi bertemu Joko Soegiarto Tjandra di Kuala Lumpur, Malaysia. Dia menyebut Pinangki tidak menjawab jelas saat ditanya ke mana akan pergi.

Hal itu disampaikan Yogi saat menjadi saksi dalam sidang kasus dugaan suap terkait pengurusan fatwa Mahkamah Agung dengan terdakwa Pinangki Sirna Malasari pada Senin (16/11/2020).

“Saya tahu dia akan keluar negeri pada tanggal 19 dan 25 November. Dia sudah menyiapkan paspor di depan anak, kan ada anaknya juga dia bilang ‘saya mau pergi ke luar negeri’. Mau ke mana, lalu dijawab ‘bukan urusan kamu’ Dia berangkat tanggal 19 dan 25 saya tahu ke luar negeri, tapi saya nggak tahu dia ke mana,”, ungkap Yogi.

Dalam dakwaannya, Jaksa Pinangki diketahui bersama seseorang bernama Rahmat bertemu dengan Djoko Tjandra di Kuala Lumpur. Pinangki menerima uang sebesar 500.000 dollar Amerika terkait kepengurusan fatwa di MA. Fatwa itu menjadi upaya agar Djoko Tjandra tidak dieksekusi dalam kasus pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali sehingga ia dapat kembali ke Indonesia tanpa menjalani vonis dua tahun penjara di kasus itu.

Dari uang yang diterimanya, Pinangki memberikan 50.000 dollar pada temannya untuk mengurus fatwa tersebut. Sedangkan sisanya digunakan untuk kepentingan pribadi seperti membeli mobil, perawatan kecantikan di Amerika, membayar tagihan kartu kredit dan lain sebaginya.

Atas perbuatannya itu ia dijerat Pasal 5 Ayat 2 jo Pasal 5 Ayat (1) huruf a UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tipikor subsider Pasal 11 UU Tipikor. Pinangki juga didakwa melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Pinangki dijerat Pasal 3 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan TPPU.

Sang suami Yogi mengatakan bahwa ia kenal dengan Rahmat dan Andi Irfan Jaya yang turut terlibat dalam kasus ini. namun ia tidak kenal dengan Anita Kolopaking. Yogi juga mengatakan bahwa dirinya memang benar tidak tahu apa yang pinangki lakukan selama di Kuala Lumpur. Sebelum kenal dan menikah dengannya Pinangki memang sudah sering bolak-balik ke luar negeri. Seperti ke Singapur misalnya untuk pengobatan orang tauanya.

Selain itu suami dari Jaksa Pinangki ini juga menuturkan bahwa rumah tangganya memang sudah tidak lagi harmonis. Kebersamaan yang dijalaninya semata hanya demi anaknya. Yogi pun baru mengetahui kasus istrinya dengan buron skandal bank bali Djoko Tjandra pada bulan Juni, setelah kasus itu muncul dan ramai di media massa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here