Kuliner Bandung
Rekomendasi Kuliner Bandung yang Buka Malam Hari

keliling-dunia.com, Terkenal dengan dengan wisatanya, kuliner Bandung memilliki banyak hal yang unik. Sayang sekali kalau berkunjung ke Bandung tapi tidak menjelajah  berbeagai kulinernya. Banyak tempat-tempat kuliner di Bandung yang cukup fenomenal. Semakin malam, kuliner di kota kembang ini juga semakin beragam.

Sebagai kota kuliner, Bandung memiliki daya tarik tersendiri. Dari pagi sampai malam, dijamin kamu gak bakal kesulitan mencari kudapan. Nah, di tengah udara dingin Bandung di malam hari, hal yang cocok dilakukan adalah makan.

Berikut ini lokasi kuliner Bandung yang bisa dikunjungi malam hari :

1. Seafood Kiloan Bang Bopak

Kuliner sederhana di pinggir jalan ini terletak di Jl. Brigjen Katamso. Seafood Kiloan Bang Bopak tak akan sulit ditemukan. Kalau kamu melintasi jalan tersebut di malam hari dan menemukan kerumunan parkir di pinggir jalan, di situlah tempat ini berada. Jam operasional kuliner malam yang satu ini mulai dari pukul 18.00 sampai 03.00.

Tak heran jika Seafood Kiloan Bang Bopak selalu diserbu para penggemar seafood. Menu yang disajikan sangat beragam. Berbagai jenis kerang, udang, cumi, kepiting, sampai lobster pun dapat kamu temukan. Menu andalan Seafood Bang Bopak yaitu aneka pilihan sausnya yang menggelitik lidah. Saus Padang dan saus nanas jadi favorit para pembeli. Harga yang dibandrol pun terjangkau. Dengan kisaran harga Rp 25 ribu sampai Rp 250 ribu, kamu bisa menikmati seafood rasa restoran.

2. McDurens

Para pecinta durian wajib mengunjungi tempat ini. Menu andalannya sudah pasti aneka makanan olahan durian. Misalnya, pancake durian, ketan durian, soes durian, jarcake durian, juga sop durian. McDurens bisa kamu temukan di Jl. Cikapundung Barat (Asia Afrika). Buka mulai pukul 17.00 sampai tengah malam.

3. Zona Merah

Tempat kuliner yang satu ini berada tak jauh dari mall Paris van Java. Tempatnya berupa tenda di pinggir jalan. Sekilas, tempatnya tidak terlalu spesial. Namun, apa yang disajikan merupakan surga bagi para pecinta wisata kuliner. Menu yang dijual di Zona Merah berjejer di sebuah meja panjang. Para pengunjung bisa memilih sendiri menunya, mulai dari aneka ikan, ayam, cumi, jeroan, sate, pepes, sayur, tumisan, sampai gorengan. Harga makanan di tempat ini berkisar antara Rp 2 ribu sampai Rp 20 ribu per item.

4. Perkedel Bondon

Perkedel paling fenomenal seantero kota Bandung adalah perkedel bondon yang berlokasi di Jl. Kebon Jati No.42. Para pembeli bahkan sampai rela mengantre panjang. Perkedel Bondon digoreng dengan menggunakan arang. Hasilnya, garing di luar dan lembut di dalam. Akan tambah lezat jika dimakan selagi panas dengan cocolan sambal ulek. 

5. Nasi Kalong

Dalam Bahasa Sunda, Kalong artinya kelelawar. Tapi, jangan salah. Di sini tidak menyajikan nasi dengan daging kalong, kok. Dinamakan nasi kalong karena tempat ini buka saat malam. Sama seperti kelelawar yang beraktivitas di malam hari. Terletak di Jl. L.L.R.E Martadinata (Riau) No. 102, tempat ini menyajikan menu masakan rumahan. Pilihan menunya sangat beragam. Jadi, bisa makan sesuai selera.

6. Ronde Alkateri

Wedang ronde merupakan suguhan minuman yang cocok ditengah dinginnya kota Bandung. Ronde Alkateri terletak di Jl. Alkateri. Ronde Alkateri sudah ada sejak 1950-an. Sajian ronde, gula merah, kacang, san aroma jahe di kuahnya menghangatkan tubuh di tengah udara dingin Bandung. Harga satu mangkuk wedang ronde yaitu Rp 16 ribu per porsi.

 7. Café Madtari

Kuliner Bandung  yang satu ini cocok untuk kamu yang suka keju. Madtari terkenal dengan parutan keju yang berjibun di atas tiap hidangannya. Menu andalannya tentu saja roti bakar dan mie instan. Namun, ada beragam varian rasa. Untuk roti bakar, kamu bisa memilih roti bakar cokelat, roti bakar keju, roti bakar asin isi kornet dan telur. Untuk mie instan, kamu bisa memilih menu mie dengan beragam topping.

Terletak di Jalan Rangga Gading No 10, Café Madtari buka dari jam 09.00 sampai 03.00. Harganya pun tak akan membuat dompet Anda meringis. Dengan harga kisaran Rp 7 ribu sampai Rp 30 ribu, kamu dapat menikmati menu andalan Madtari.

8. Nasi Uduk 88 Brebes Berhias

Kuliner Bandung ini berlokasi di Jl. Abdul Rahman Saleh No. 43, tempat ini tipikal warung tenda pinggir jalan. Sekilas tak ada yang istimewa. Namun, begitu mencicipi menunya, kamu akan menemukan keistimewaan. Kamu akan dibuat jatuh hati dengan nasinya yang gurih serta sambelnya yang menggelitik lidah. Apalagi, jika kamu mencoba menu andalannya, burung dara yang disajikan satu ekor penuh dengan seporsi nasi uduk. Selain itu, menu ayam, bebek, ikan bakar, dan seafood pun bisa menjadi pilihan. Harga menu di tempat ini mulai Rp 25 ribu.

9. Sate & Gule Kambing HM Harris

Tempat ini sudah ada sejak 1970-an, tempat ini juga ternyata pernah dikunjungi banyak pejabat Indonesia termasuk Presiden Joko Widodo ketika berkunjung ke Bandung. Menu andalannya tentu saja sate dan gule kambing. Uniknya, daging kambingnya sama sekali tidak berbau.

10. Nasi Goreng Bistik Astana Anyar

Berlokasi di Jl. Astana Anyar No.218, Nasi Goreng Bistik jadi kuliner legendaris. Pasalnya, di tempat ini, menu nasi goreng khas Indonesia disajikan bersama bistik ayam yang begitu renyah.cKamu dapat mencicipi paduan menu timur dan barat dalam satu piring ini dengan harga Rp 20 ribu saja, lho!

Itulah beberapa tempat kuliner Bandung yang buka saat malam hari. Bagi kamu yang berkunjung dan berlibur ke Bandung, 10 tempat kuliner tersebut bisa jadi rekomendasimu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here