Kampung Apung Ambarawa
Kampung Apung Ambarawa terletak di Jawa Tengah ini merupakan tempat wisata yang berada di atas danau Rawa Pening.

Keliling-dunia.com, Di Semarang Jawa Tengah terdapat sebuah tempay bernama Kampung Rawa atau Kampung Apung Ambarawa. Kampung Apung Ambarawa ini merupakan objek wisata yang terletak di Ambarawa, Jawa Tengah ini berada di Sabuk Hujau yaitu di sekitar Danau Rawa Pening. Tempat wisata ini pertama kali dibuka pada Agustus 2012 dan memiliki serta dijalankan oleh dua belas kelompok petani dan nelayan yang didanai oleh Artha Prima Credit Union. Komplek Kampung Apung Ambarawa ini dimaksudkan untuk mempengaruhi kesejahteraan petani dan nelayan lokal serta memporomosikan ekologi danau di wialayah tersebut.

Tempat wisata ini menjadi salah satu tujuan wisatawan favorit ketika berkunjung ke Semarang. Kampung Apung Ambarawa ini cukup menarik untuk dikunjungi karena konsep kampung yang berada di atas rawa pening dan berlatar pemandangan deretan gunung yang indah. Berikut sejumlah fakta tentang Kampung Apung Ambarawa di Semarang :

Sejarah Berdirinya Kampung Rawa dan Tempat Wisatanya

Ambarawa merupakan sebuah kota kecil yang berada di Rawa Tengah. Dari kota Semarang, kampung ini berjarak kurang lebih 30 km dan 60 meter dari Yogyakarta. Ambarawa dikenal juga sebagai tempat penampungan air untuk daerah sekitarnya. Airnya digunakan untuk mengaliri sawah-sawah yang berada di sekitarnya. Air yang ditampung di sini berasal dari pengunungan yang mengitari Kampung Rawa Ambarawa.

Di Ambarawa terdapat danau alami yang biasa disebut penduduk sekitar dengan nama Rawa Pening. Rawa ini memiliki sejumlah potensi untuk dijadikan wisata alam lho. Ukurannya yang terbilang cukup besar, dalam rawa ini terdapat banyak ikan serta penduduk sekitar yang berprofesi sebagai nelayan sering kali menangkap ikan disini. Penduduk juga banyak yang membudidayakan ikan dengan memanfaatkan air bersih yang ada.

Kekayaan dan potensi di danau ini kemudian dimanfaatkan oleh penduduk Ambarawa dengan mendirikan Kampung Apung yang berkerja sama dengan salah satu koperasi simpan pinjam. Badan koperasi ini memberikan dana kredit untuk membuat keramba-keramba ikan, dengan berjalannya waktu ikan-ikan yang diternakan di keramba ini pun akhirnya menjadi salah satu penghasil ekonomi yang cukup bagi masyarakatnya. Dengan hasil ikan yang bagus akhirnya didirikanlah tempat wisata yang dikenal dengan Kampung Apung Ambarawa.

Fasilitas Wisata Di Kampung Apung

Di kampug wisata ini terdapat sejumlah fasilitas, seperti rumah makan apung. Rumah makan ini memiliki konsep unik karena letaknya yang berada di atas danau, di sini terdapat perahu rakit yang digunakan sebagai sarana wisatawan menyeberang untuk masuk ke wilayah rumah makan.

Selain itu fasilitas lainnya yang bisa dinikmati wisatawan adalah wisata untuk keluarga dan anak-anak. Disini terdapat sejumlah permainan seru seperti ATV, Jetski, perahu karet, bebek air, becak air, dan lain sebagainya. Untuk menikmati permainan ini Anda perlu membeli tiket lagi di luar harga tiket masuk.

Selain adanya permainan untuk anak-anak dan keluarga, di sini juga bisa digunakan untuk tempat pertemuan kantor karena disediakan juga ruang pertemuan dengan konsep rumah Joglo khas Jawa, Di Joglo ini pengunjung bisa melakukan kegiatan seperti rapat, atau gathering dengan rekan kerja. Di sudut lainnya, pengunjung bisa menemukan panggung hiburan yang menampilkan pertunjukan musik.

Kampung Rawa ini bisa dikunjungi watawan mulai dari pukul 08.00 WIB hingga malam hari pukul 19.00 WIB, dan kampung ini dibuka setiap hari walau ada hari libur nasional atau pun libur keagamaan. Untuk tiket masuknya wisatawan dikenakan biaya masuk Rp 90.000 untuk hari Senin sampai Jumat, serta Rp 100.000 untuk hari Sabtu-Minggu dan Hari Libur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here