Pengelola Ancol Terapkan Protokol Kesehatan Ketat di Masa Pandemi

0
7
Wisata Ancol
Pengelola Ancol Terapkan Protokol Kesehatan Ketat di Masa Pandemi

keliling-dunia.com, Taman Wisata Ancol tetap dibuka dimasa pandemi Covid-19 dengan mengikuti peraturan pemerintah. Pengelola kawasan wisata PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA) tetap mengupayakan keamanan baik dari sisi pengunjung maupun karyawan. Badan usaha milik pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini memastikan penerapan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, menggunakan  masker, dan mencuci tangan diterapkan secara maksimal. 

Department Head Corporate Communication Pembangunan Jaya Ancol Rika Lestari mengungkapkan, salah satu upaya yang dilakukan PJAA adalah memberi sekat jaga jarak dengan membuat pembatas. Selain itu, manajemen PJAA juga menyesuaikan jam operasional dan memastikan kapasitas pengunjung hanya 25%.

Rika menambahkan, per tanggal 11 Januari 2021 jam operasional yang berlaku untuk gerbang timur setiap harinya yakni pada pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Sementara itu, gerbang barat dibuka pada 09.00 hingga 17.00 WIB pada hari Senin hingga Jumat. Untuk hari Sabtu dan Minggu dibuka pada pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

Guna memastikan para pengunjung menerapkan protokol kesehatan, pihak PJAA bekerja sama dengan tim Satpol PP melakukan pengawasan dengan melakukan pratoli di kawasan pantai dan unit rekreasi lainnya seperti Dunia Fantasi, Ocean Samudra, dan Sea World Ancol. Jika terdapat pelanggaran dari pengunjung, maka tim Satpol PP berhak memberikan sanksi sosial seperti menyapu di area Ancol. 

“Bentuk pelanggarannya rata-rata masker yang diturunkan dan sudah dilakukan imbauan,” ujar Rika. 

Protokol kesehatan yang ketat tidak hanya berlaku bagi pengunjung Ancol melainkan juga diterapkan untuk pegawai PJAA yang bertugas di lapangan. Manajemen PJAA pun memberikan petugas/karyawan dengan sarung tangan, face shield, dan manset tangan. 

“Selain itu diberikan vitamin secara berkelanjutan dan upaya tracing kontak erat setiap hari melalui form absensi digital,” ujar Rika. 

Petugas dan karyawan PJAA juga dibekali edukasi Covid-19 yang dilakukan secara periodik. Edukasi bersifat seminar melalui aplikasi itu menghadirkan narasumber-narumber terpercaya misalnya dari Dinas Kesehatan Jakarta Utara. 

Penuturan salah seorang pengunjung Ancol yaitu bahwa penerapan protokol kesehatan sudah cukup baik. Selain menerapkan 3M, saat pengunjung hendak memasuki kawasan ancol akan dilakukan pengecekan suhu tubuh. Namun ketika hendak memasuki kawasan rekreasi lain seperti Dufan, Sea World dan lainnya juga akan kembali di cek suhu tubuh.

Pembelian tiket Wisata Ancol pun tersedia secara online, mulai dari tiket masuk ancol sampai dengan wisata lainnya. Penyemprotan cairan disinfektan juga dilakukan secara berkala, terutama pada tiap-tiap wahan yang berada di dufan.

Ancol berupaya untuk tetap bisa beroperasi dengan baik di masa pandemi Covid-19 ini. Namun pihak pengelola tetap mematuhi aturan pemprov DKI Jakarta serta imbauan pemerintah mengenai protokol kesehatan. Hal itu pun guna menjaga kesehatan dan keamanan pengunjung dan karyawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here