Musik SUk
Wisatawan bisa mengenal musik suku Indian di Kampung Indian di Blitar

Keliling-dunia.com, Suku Indian merupakan penduduk pertama di Amerika Utara yang datang dari Benua Asia lebih dari 20.000 tahun yang lalu karena mengikuti jejak hewan buruan mereka. Selama berabad-abad mereka tinggal di Amerika Utara dan terbentuklah sebuah suku dan membangun masyarakat teratur. Mereka memiliki kebudayaan, mulai dari upacara, tari-tarian hingga musik suku Indian itu sendiri.

Nama Indian sebenarnya bukanlah datang dari mereka, pada abad ke-16, bangsa Eropa sedang berlayar kemudian berlabuh di Amerika Utara, akan tetapi mereka keliru. Amerika Utara itu dikira India (Asia), dan mereka pun secara keliru menyebut penduduk asli Amerika Utara itu dengan sebutan ‘Indian’.

Di Indonesia sendiri musik suku Indian dan kebudayaannya masih asing dan banyak orang yang tidak diketahui. Di Blitar pecinta jalan-jalan bisa mengunjungi kampung Indian lho. Disini Anda bisa melihat berbagai macam budaya hingga spot-spot foto menarik bertemakan suku Indian. Berikut informasi mengenai kampung Indian di Kabupaten Blitar

Disambut dengan Tarian dan Musik Khas Indian

Ketika memasuki area perkampungan ini, wisatawan akan disambut dengan beraneka ragam ornamen serta musik khas suku Indian yang membuat Anda merasa berada di kampung Indian sungguhan.

Sekelompok penari berpakaian ala suku Indian keluar satu persatu dari rumah khas suku Indian bernama Tapees. Mereka menari khas suku Indian seirama dengan musik sambil mengitari Tapees. Barisan penari ini diisi dari berbagai usia mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Kemudian munculah kepala suku kampung Indian ini.

Kepala suku di kampung Indian ini bernama Muftakhul Rohman yang rela menyulap rumahnya menjadi galeri seni berisikan berbagai hiasan khas Indian.

Lokasi

Desa yang berada di Dusun Karanganyat, Desa Modangan, Kecamatan Nglegok, Kabupateb Blitar ini menjad salah satu objek wisata yang cukup strategis dan mudah untuk ditemukan. Sebenarnya bukan hanya kampung Indian saja yang ada di sini melainkan juga ada kampung Cowboy.

Lokasi wisata ini pun juga terletak tak terlalu jauh dari objek wisata lain di Blitar yang terkenal seperti Arca Waeak, Kebun Kopi Karanganyar, dan kamung melon. Rute yang ditempuh pun cukup mudah, wisatawan tinggal mengikuti jalan raya Blitar – Penataran. Setelah sampai di pertigaan Pasar Penataran, Anda bisa belok kanan dan mengikuti petunjuk jalan menuju kampung Indian dan Cowboy ini.

Harga Tiket Masuk

Sebelum mengunjungi tempat wisata ini ada baiknya mengetahui harga tiket yang dibayar. Akan tetapi tak perlu khawatir, harga tiket masuknya pun tidak terlalu mahal dan masih ramah di kantong. Harga tiket masuk ke Cowboy dan Indian Camp Blitar atau Kampung Indian ini cukup terjangkau yaitu seharga Rp 5.000 per orang, dan untuk wisatawan yang membawa motor, Anda bisa membayar parkir seharga Rp 2.000 saja.

Fasilitas

Menari sambil diiringi musik suku Indian dan mengenakan pakaian khasnya.

Di sini wisatawan bisa menikmati sejumlah fasilitas wisata. Selain terdapat ornamen-ornamen khas Indian yang bisa dijadikan spot berfoto yang bagus, di sini juga disediakan galeri di mana wisatawan bisa membeli sejumlah kerajinan khas suku Indian buatan kepala suku Rohman.

Rohman merupakan seniman topeng yang mengkhususkan keahliannya pada produksi topeng Indian sejak 1999. Awalnya, Ia hanya iseng dan coba-coba saja, namun melihat adanya peluang yang membuahkan hasil yang menakjubkan akhirnya Rohman menekuni bisnis ini.

Di rumah Rohman yang kini menjadi galeri terdapat Tapees tiruan yang merupakan rumah khas suku Indian, selain itu terdapat sejumlah replika topeng Indian ada yang berukuran normal hingga yang berukuran hampir dua meter.

Rohman mengaku, selain memproduksi topeng dan hias kepada khas Indian dirinya juga memproduksi set lengkap pakaian khas Indian yang bisa sampai di ekspor ke Amerika lho. Wisatawan juga bisa membeli satu set lengkap pakaian Indian ini, atau jika hanya ingin berfoto Anda bisa menyewanya untuk berfoto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here