Manfaat Kayu Ulin Mulai dari Segi Ekonomi hingga Kesehatan

0
4
Kayu Ulin
Manfaat Kayu Ulin

keliling-dunia.com, Kayu ulin atau disebut juga bulian atau kayu besi merupakan tanaman khas Kalimantan. Tanaman ini sering dimanfaatkan untuk menjadi bahan bangunan, seperti konstruksi rumah, jembatan, tiang listrik, dan perkapalan. Pohon kayu ini memiliki tinggi mencapai 50 meter dan diameter mencapai 120cm. Kayu ini punya sifat berat dank eras karena memiliki ketahanan terhadap suhu, kelembapan dan pengaruh air laut.

Ulin memiliki banyak keistimewaan tersendiri dari kayu-kayu lain. Banyaknya keistimewaan dari kayu ini maka tak heran jika ulin diburu oleh banyak orang. Ulin juga punya harga jual yang cukup tinggi. Apa saja manfaat dari kayu khas Indonesia ini, yuk simak ulasannya.

Berikut manfaat yang dimiliki kayu ulin:

1. Memiliki Nilai Ekonomi Tinggi

Ulin mendapat julukan kayu besi memang tidak diragukan lagi nilainya. Banyak orang yang lebih memilih kayu ini sebagai bahan utama konstruksi pembangunan. Di Kalimantan misalnya, ulin digunakan sebagai bahan konstruksi utama membangun rumah adat. Selain sebagai bahan utama konstruksi bangunan, juga dapat digunakan untuk pembuatan kerajinan, seperti furnitur rumah. Hebatnya lagi, fosil dari ulin yang telah membatu di hutan pun bisa digunakan sebagai bahan pembuatan perhiasan. Oleh karena itu, kayu ini punya nilai ekonomi cukup tinggi.  

2. Bermanfaat Pada Segi Ekologi

Tidak hanya menyumbang manfaat dari segi ekonomi, ulin juga punya manfaat bagi ekologi sekitarnya. Yaitu orang utan yang paling sering membuat sarang pada kayu ulin. Orang utan akan memakan daun-daun dari pohon ulin yang masih muda. Manfaat lainnya adalah pohon ulin yang mampu mempertahankan manfaat air tanah dan menahan air dan tanah itu sendiri, mencegah terjadinya erosi maupun longsor.

3. Biji dan Buahnya Bermanfaat bagi Kesehatan

Bukan hanya dari segi ekonomi dan ekologi, ulin juga punya banyak manfaat kesehatan. Biji dari pohon ulin punya khasiat untuk mengobati bengkak atau menghitamkan rambut. Selain bijinya, buah dari pohon ulin juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Cara dengan dikeringkan terlebih dahulu, lalu dicampurkan dengan minyak kelapa. Produk olahan buah dan minyak tersebut dapat dipasarkan ke pasar–pasar tradisional di Kalimantan. Manfaatnya adalah untuk menghitamkan rambut serta mencegah tumbuhnya uban.

Itulah manfaatan dari kayu ulin dalam aspek kehidupan. Saat ini, kayu tersebut sudah semakin langka. Padahal jika dilihat dari segi manfaatnya sangat banyal. Oleh karena itu mari kita jaga kelestarian sumber daya alam agar banyak tumbuhan yang langka tetap terjaga dan tidak punah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here