Mendoan, salah satu kuliner di Banyumas
Mendoan, salah satu kuliner di Banyumas (istimewa)

keliling-dunia.com – Banyumas merupakan wilayah di Jawa Tengah yang rupanya menarik untuk dicoba apalagi kuliner nya, selain digemari oleh masyarakat domestik, apa salahnya jika anda sedang bepergian melewati daerah ini untuk sekalian mencicipinya, berikut daftarnya

Gethuk Goreng

Makanan yang satu ini bisa dibilang tidak bisa dijumpai selain di daerah Banyumas, bahan dasar dari makan ini adalah ketela pohon dan gula merah, selain mudah untuk mendapatkan bahannya, cara pembuatannya juga tidak terlalu sulit.

Cara membuatnya adalah ketela pohon terlebih dahulu direbus , kemudian dihancurkan seteleh itu campurkan dengan gula merah, setelah kenyal dibentuk bulatan yang tidak beraturan dan digoreng setelahnya.

Gethuk goreng sekarang memiliki beberapa varian rasa buah, yang awalnya hanya manis gula merah namun sekarang sudah ada rasa durian, nangka, dan strawberry.

Mendoan

Makanan ini mungkin sudah dikenal masyarakat luas, makanan ini tidaklah terlalu mewah karena bahannya sangat mudah sekali ditemukan, diantaranya tempe, adonan tepung beras, dan tepung terigu.

Untuk menikmati kuliner ini, anda bisa mensajikannya bersama dengan sambal kecap, atau hanya dengan cabai

Nopia

Dari bentuknya makanan ini mirip seperti telur, didalam nopia berisi gula jawa, kacang atau coklat. Cara pembuatannya unik, yaitu tepung terigu yang diisi selai tersebut ditempel di tungku yang panas.

Ciri khas dari makanan ini adalah ada bagian dari nopia yang hangus, makanan ini cocok sekali untuk dijadikan oleh-oleh khas Banyumas.

Lanting

Lanting merupakan makanan ringan dengan berbahan singkong, bentuknya mirip angka delapan. Makanan ini sejenis dengan kerupuk, rasa originalnya adalah gurih dan asin. Sekarang muncul varian rasa yang baru seperti asin pedas dan keju.

Soto Sokaraja

Salah satu keunikan dari soto ini dengan yang lain adalah pada bumbu kacang dengan ketupatnya, soto sokaraja dibedakan menjadi dua jenis, tergantung dari jenis daging yang digunakan, yaitu daging sapi dan daging ayam.

Kuah nya pun menyesuaikan dengan dagingnya, apabila memakai daging ayam makan kuahnya pun memakai kaldu ayam. Kuah yang digunakan ditambah dengan kunyit sehingga menghasilkan warna kuah yang kekuningan.

Soto sokaraja bisa disajikan berdampingan dengan lanting, ataupun mendoan. Kuliner soto ini banyak dijumpai di jalan raya Purwokerto – Sokaraja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here