Longsor akibat Hujan Salju, 10 Pendaki di Iran Meninggal

0
36
Iran
Longsor akibat Hujan Salju, 10 Pendaki di Iran Meninggal

Keliling-dunia.com, Pegunungan di sebelah utara ibu kota Iran, Teheran dilaporkan terjadi bencana longsor setelah dilanda hujan salju lebat. Kejadian tersebut dilaporkan media pemerintah pada Sabtu, 26 Desmeber 2020. Atas kejadian tersebut sedikitnya ada 10 pendaki yang dikabarkan menjadi korban. Adapun Tujuh awak sebuah kapal juga dilaporkan hilang akibat badai di Teluk itu.

Hujan salju lebat dan angin kencang di beberapa bagian dalam beberapa hari belakangan telah menutup banyak jalan dan mengganggu lalu lintas. Beberapa pendaki masih hilang sejak Jumat 25 Desember, setelah dikabarkan dua korban meninggal. Stasiun TV pemerintah mengatakan sementara korban yang dilaporkan hilang telah bertambah setelah pihak keluarga yang khawatir, mengontak pihak berwenang.

Mehdi Valipour, selaku kepala operasi darurat Palang Merah Iran kepada lembaga penyiaran pemerintah IRIB mengatakan bahwa sembilan orang tewas di gunung dan seorang meninggal di rumah sakit setelah diselamatkan. Valipour mengatakan sedikitnya ada tujuh pendaki yang masih hilang di tiga jalur pendakian populer. Kantor berita semi resmi ISNA melaporkan, secara terpisah, otoritas maritim Iran sedang mencari tujuh awak kapal transportasi Iran yang karam di perairan Teluk pada Jumat 25 Desember.

“Kami berusaha mencari para korban hilang dengan memobilisasi seluruh fasilitas dan pasukan kami, serta memberitahu kapal-kapal yang lewat dan pusat pencarian dan penyelamatan di Oman, Uni Emirat Arab dan Pakistan,” kata Esmail Makkizadeh, wakil kepala badan maritim regional Iran, seperti yang dilaporkan ISNA.

Hujan salju lebat ditengah pendakian tentu memang akan berisiko. Dimana faktor cuaca tersebut akan sangat memungkinkan terjadinya bencana alam. Oleh karena itu, pentingnya membaca kondisi cuaca saat pendakian. Kejadian serupa ini juga tidak hanya terjadi di Iran, berbagai negara lainnya pun pernah mengalami berbagai kecelakaan dalam pendakian akibat cuaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here