Libur Akhir Tahun Dipangkas, Ganti Rencana Mudik dengan Ini

0
54
Liburan pengganti Mudik
Libur Akhir Tahun Dipangkas, Ganti Rencana Mudik dengan Ini

Keliling-dunia.com, Punya rencana mudik pada libur akhir tahun 2020? Sayangnya pemerintah telah resmi memangkas libur akhir tahun sebanyak 3 hari lamanya. Sebelumnya libur akan diadakan mulai dari 24 sampai dengan 31 Desember. Namun kini dipangkas 3 hari pada tanggal 28, 29, dan 30 Desember.

Total libur pada akhir tahun adalah tanggal 24 Desember dan 31 Desember yang merupakan cuti berasama. Tanggal 25 Desember libur nasional Natal serta 1 Januari 2021 libur nasional tahun baru. Nah dengan libur yang terpangkas ditengah-tengah, apa rencan liburan atau mudikmu masih akan dilanjutkan?

Pemerintah sepakat memangkas libur untuk menekan laju penularan Covid-19 di Indonesia. Ada baiknya kita menahan diri untuk tidak berlibur keluar kota bahkan mudik ke kampong halaman pada libur akhir tahun nanti.

Libur akhir tahun memang manjadi momen yang didambakan banyak orang. Pasalnya biasanya libur akhir tahun ini dibarengi dengan libur sekolah anak-anak. Sehingga bisa menghabiskan waktu berlibur ke luar kota bersama keluarga serta menghabiskan waktu pergantian tahun dengan berbagai rencana.

Berbeda dengan tahun ini, pandemi Covid-19 telah melanda berbagai negara di belahan dunia tak terkecuali Indonesia. Dengan begitu pemerintah melalui satgas Covid-19 sangat mengimbau masyarak untuk selalu menjaga kesehatan serta menerapkan protokol kesehatan 3M yaitu menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker.

Belum tersedianya vaksin di membuat sulitnya meningkatkan imunitas tubuh melawan virus Corona. Sehingga penerapan protokol kesehatan adalah satu-satunya langkah yang mampu mencegah penularan Covid-19 melonjak. Jika kamu dan keluarga tetap ingin menghabiskan waktu untuk berlibur, ada baiknya pilihlah liburan yang aman.

Berikut tips mengganti rencan mudik dengan liburan aman di masa pandemi:

1. Mengguanakan Kendaraan Pribadi

Guanakanlah kendaraan pribadi saat akan liburan bersama keluarga atau sahabat. Penggunaan transportasi umum tentu lebih rentan menularkan virus Corona. Pada kendaraan umum sebagain banyak orang yang tidak saling kenal akan bercampur. Meski akan diatur dengan jarak, namun penularan virus Corona lebih meningkat di kondisi berAC dan tertutup seperti transportasi umum.

2. Berlibur dalam Kota

Pilihlah untuk berlibur di dalam kota saja agar lebih aman dalam tracking satgas Covid-19. Kamu dan keluarga bisa memilih liburan yang tidak terlalu jauh dari rumah. Seperti wisata-wisata yang ada di sekitar kotamu. Kamu juga bisa memilih wisata alam, agar mendapatkan udara yang lebih segar dan sehat, seperti taman kota, pantai, pegunungan, dan sebaginya.

3. Liburan di Hotel

Ini juga merupakan salah satu liburan yang banyak dipilih di era kebiasaan baru pandemi Covid-19 ini. berlibur di hotel bersama orang-orang terdekat. Selain bisa menjadi liburan dengan waktu berkualitas juga lebih aman dan menghindar dari kerumunan.

4. Berlibur Bersama di Rumah

Nah ini bisa jadi pilihan terakhirmu, lebih aman dan tentunya nyaman kamu dan keluarga bisa menghabiskan libur akhir tahun di rumah. Kamu bisa menyiapkan daftar rencana,  membuat acara keluarga seperti masak dan makan keluarga, menonton film bersama, atau semacamnya sambil menghabiskan waktu natal dan pergantian tahun.

Jadi bagaimana rencana liburanmu? Lebih baik pupuskan rencana mudikmu. Tidak hanya untuk menjaga kesehatanmu, tetapi juga melindungi keluargamu lainnya di kampung halaman dari tertularnya virus Corona. Terapkan selalu protokol kesehatan di tengan pandemi Covid-19 ini ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here