Info SehatQ.com, Langkah Mudah Menulis Artikel News

0
9
artikel news

Berita (news) merupakan sesuatu yang aktual dan penting. Biasanya ini dijadikan informasi bagi orang lain. Berita merupakan produk jurnalistik mengenai penyampaian informasi suatu hal atau kejadian pada khalayak. Penulis berita dituntut untuk menulis sebuah berita dengan lengkap dan komunikatif. Bertujuan agar khalayak dapat memahami segala sesuatu yang disampaikan.

Dalam menulis berita diperlukan susunan teks yang mengandung prinsip 5W+1H (What, Where, When, Who, Why, How). Hal itu juga yang menjadi kaidah jurnalistik. Saat ini berita bisa didapatkan baik melalui media cetak, elektronik, dan internet.

Berikut tata cara menulis berita atau news:

1. Topik Berita

Menentukan topik berita bisa berdasarkan peristiwa maupun kejadian yang bersifat aktual yang menarik perhatian umum. Bisa juga membuat topik kegiatan atau kejadian unik yang muncul di kalangan masyarakat. Atau bisa juga mengenai suatu tempat atau objek yang dijadikan rekomendasi.

2. Pencarian Sumber

Ketika sudah menentukan dan memiliki topik berita yang akan diliput makan mulai mencari sumber informasi yang tepat. Sumber ini haruslah mendukung isi berita menjadi akurat.

3. Wawancara, Observasi dan Dokumentasi

Teknik ini dilakukan setelah menemukan sumber yang akan didapatkan. Bisa melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pendukung akurasi berita.

4. Mencatat Hal-Hal Penting

Catatlah hal-hal yang penting berkenaan dengan berita yang akan ditulis. Pastikan sudah mendapatkan sisi 5W+1H yang dibutuhkan dalam berita.

5. Membuat Kerangka Berita

Setelah mengumpulkan berbagai informasi, buatlah kerangka berita yang menjadi gambaran kasar. Berita terdiri dari 3 unsur penting yang harus ada yakni judul, teras, serta kelengkapan atau penjelasan.

6. Menulis Teras Berita

Mulailah dengan menulis bagian teras berita yang merupakan paragraph awal. Ini merupakan mahkota dari suatu isi berita. Penulis dituntut membuat teras yang ringkas, menarik dan mengandur unsur 5W+1H.

7. Menulis Isi

Setelah membuat teras atau lead sampailah di tahap membuat isi berita yang menyampaikan pesan pendukung dalam sebuah berita. Dalam penulisan isi sebaiknya disusun dalam paragraf-paragraf pendek yang berisikan 3 sampai dengan 5 kalimat saja.

8. Penyuntingan

Teknik penyuntingan berita sebagai langkah koreksi untuk meminimalisir kesalahan penulisan informasi. Penting juga dalam teknik penyuntingan memperhatikan kode etik jurnalistik. Seperti misalnya tidak mengandung fitnah dan kebohongan. Tidak menonjolkan unsur kekerasan dan semacamnya. Tidak membahas mengenai Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA). Tidaklah merendahkan nilai-nilai berlaku dalam masyarakat.

Pastikan juga berita mengguanakan tata bahasa dan kosakata yang tepat berdasarkan EYD. Perhatikan SPOK dan semacamnya. Perhatikan pula tanda baca yang digunakan dan struktur dalam membuat suatu kalimat. Ini akan memudahkan pembaca menyerap informasi dengan tepat.

Itulah beberpa langkah penting dalam menulis suatu berita (news). Berita sendiri dibagi atas beberapa jenis berbeda. Yaitu straight news atau berita langsung yang menggambarkan kejadian atau peristiwa yang sedang senter dan hangat pada public. Ada yang bersifat hard atau saat itu dan soft yang bisa dikonsumsi dalam waktu yang tak lekang. Ada juga berita opini yang berisi penyampian opini penulis atas suatu hal. Selain itu ada juga berita interpretasi, berita mendalam dan berita investigasi.

Apapun jenis beritanya pastikan berisikan informasi yang aktual dan bisa diterima. Bagi yang ingin belajar menulis berita, bisa juga membaca rekomendasi artikel dan melihat review pembuatan berita. Semoga artikel ini juga dapat membantu menambah informasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here