Keindahan Tebing Breksi yang Jadi Wisata Pilihan Yogyakarta

0
101
tebing breksi
Keindahan Tebing Breksi yang Jadi Wisata Pilihan Yogyakarta

keliling-dunia.com, Tebing Breksi merupakan destinasi wisata hits saat ini yang terletak di Yogyakarta. Berbeda dengan berbagai destinasi lain, Tebing ini awalnya merupakan sebuah kompleks pertambangan batu putih. Tebing ini terbentuk tidak dengan cara alami melainkan akibat aktivitas warga sekitar yang melakukan penambangan batu.

Kehadirannya menjadi salah satu destinasi wisata populer Yogyakarta kini dilengkapi dengan berbagai sarana pendukung misalnya Tlatar Seneng. Bangunan tersebut merupakan panggung terbuka yang digunakan untuk ajang pertunjukan seni maupun tempat acara khusus. Amphitheater ini didesain dengan tempat duduk yang nyaman berbentuk setengah melingkari panggung.

Selain keindahan batu kapur yang menjulang tinggi, tempat ini juga menyuguhkan tangga alami berupa pahatan dari batuan tersebut. Saat para pengunjung sudah mencapai puncak, mereka akan dibuat takjub dengan keindahan pemandangan berupa landskap atau panorama kota Yogyakarta dari atas. Ketika cuaca cerah, wisatawan juga akan dimanjakan dengan gagahnya Gunung Merapi.

Di kawasan wisata Yogyakarta ini lengkap dengan fasilitas Jeep yang mengutamakan keselamatan pengunjung. Terdapat sekitar 70 unit mobil Jeep di area taman Tebing Breksi. Jeep ini juga berbeda dengan fasilitas Jeep yang ada di Lava tour Merapi. Para pengunjung dapat menggunakan fasiltas dengan biaya restribusi terjangkau ini untuk mengunjungi berbagai tempat seperti Candi Banyunibo, Candi Ijo dan Candi Plawangan.

Tempat wisata Tebing Breksi ini terletak di Dusun Groyokan, Kel. Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Yogyakarta. Kawasan wisata populer di Yogyakarta yang satu ini kurang lebih terletak 1 km sebelum Candi Ijo ( dari jalan Prambanan – Piyungan). Destinasi wisata Tebing Breksi ini juga asuk dalam satu cakupan kawasan wisata herritage Candi Ijo.

Destinasi wisata Tebing Breksi buka setiap hari. Kawasan wisata ini tidak menentukan tarif khusus untuk memasuki area tebing, anda hanya perlu memberikan dana sumbangan seikhlasnya untuk biaya pengelolaan. Selain itu anda juga harus membayarkan jasa penitipan motor sebesar Rp 2.000,- untuk sepeda motor dan Rp 5.000, – untuk mobil.

Saat berkunjung ke kawasan wisata Tebing Breksi di Kota Yogyakarta ini usahakan untuk menggunakan sandal atau sepatu yang nyaman. Kenakan baju yang nyaman, gunakan juga penutup kepala untuk antisipasi apabila cahaya matahari sedang terik. Jagalah kebersihan di sekitar kawasan wisata Tebing Breksi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here