Kebun Binatang Gembira Loka
Kebun Binatang Gembira Loka menjadi salah satu tenpat wisata favorit untuk dikunjungi wisatawan.

Keliling-dunia.com, Daerah Istimewa Yogyakarta telah menjadi salah satu provinsi yang jadi salah satu favorit tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara ini memiliki sejumlah daya tarik wisata mulai dari kebudayaannya, sejarah kotanya, serta tempat wisata lainnya yang layak untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Kebun Binatang Gembira Loka. Di sini pengunjung Kebun Binatang Gembira Loka tak hanya dapat melihat hewan-hewan khas Indonesia saja tetapi juga hewan-hewan khas mancanegara juga lho. Terletak di daerah aliran Sungai Gajah Wong, kebun binatang ini memiliki akses yang sangat mudah mulai dari angkutan kota hingga kendaraan pribadi.

Berikut adalah sejumlah fakta yang patut diketahui pengunjung Kebun Binatang Gembira Loka ketika ingin berkunjung kesini:

Sejarah Berdirinya Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka ini telah dibuka selama setengah abad lalu oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dengan tujuan ingin mewujudkan keinginan pendahulunya untuk mengembangkan ‘Bonraja’ atau sebuag tempat untuk memelihara sejumlah satwa kalangenan raja menjadi satu kebun binatang untuk publik.

Berdasarkan keinginan inilah akhirnya didirikan Kebun Binatang Gembira Loka di atas tanah seluas 20 hektar yang separuhnya berupa hutan lindung. Di sini terdapat lebih dari 100 spesies satwa dan 61 spesies flora.

Harga Tiket Masuk

Terletak di Jl. Kebun Raya No.2, Rejowangun, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kebun Binatang Gembira Loka memilik harga tiket masuk yang tidak terlalu mahal walau fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap dan bagus.

Kebun binatang yang beroperasi setiap hari mulai pukul 07.30 hingga 17.30 WIB ini menawarkan harga tiket yang relatif terjangkau apalagi mengingat Yogyakarta terkenal dengan istilah kota yang ramah pelajar karena biaya hidup yang tak teralu mahal. Berikut adalah daftar harga tiket dan tiket wahana di Kebun Binatang Gembira Loka:

  • Tiket Masuk (Senin-Jumat) : Rp 25.000
  • Tiket Masuk (Sabtu-Minggu dan Hari Libur) : Rp 35.000
  • Tiket Wahana Bumber Boat : Rp 20.000
  • Tiket Wahana Speed Boat : Rp 20.000
  • Tiket Wahana ATV : Rp 20.000
  • Tiket Taring : Rp 8.000
  • Tiket Katamaran + Taring : Rp 25.000
  • Tiket Wahana Skuter Air : Rp 20.000
  • Tiket Wahana Perahu Kayuh : Rp 20.000
  • Tiket Terapi Ikan : Rp 20.000/ 15 menit
  • Tiket Kolam Tangkap : Rp 10.000
  • Tiket Gajah Tunggang : Rp 35.000

Koleksi Satwa dan Fasilitas

Kebun Binatang Gembira Loka atau Gembira Loka Zoo di Yogyakarta ini awalnya hanya memiliki beberapa jenis hewan seperti macan tutul yang didapat dari hasil tangkapan warga setempat karena dianggap mengganggu desa serta sebagainnya lagi berasal dari lereng merapi yang hutannya terbakar akibat awan panas.

Lambat laun koleksi hewan di kebun binatang ini semakin bertambah banyak. Penambahan koleksi hewan ini dilakukan dengan berbagai upaya seperti salah satunya adalah mengadakan kesepakan dengan Singapore Zoo untuk melakukan pertukaran hewan berupa 6 ekor Pinguin Jackass.

Selain itu perkembangan dan penambahan jumlah hewan di sini karena ada sejumlah hewan seperti gajah yang melahirkan anak, burung kakak rua yang bertelur dan berhasil menetas serta kuda pacu yang melahirkan anaknya.

Adapun sejumlah hewan yang terdaftar ada di Kebun Binatang Gembira Loka untuk jenis mamalianya adalah Gajah Sumatera, Harimau Sumatera, Kuda Nil, Rusa Tutul, Unta, Simpanse, Orangutan, Beruang Madu, Wallaby, dan Singa. Sedangkan untuk jenis reptil yaitu Buaya Muara, Kura-kura Radiata, Kura-kura Terapin, Kura0kura Sulkata, Kura-kura Kepala Ceri, Biawak Naga, Iguana Merah, Kaiman Kerdil Cuvier, dan Siamang.

Gembira Loka Zoo selalu berusaha untuk menjaga kenyamanan pengunjung serta melestarikan alam sekitarnya. Setiap tahunnya kebun binatang ini selalu melakukan revitalisasi seperti membuat sejumlah taman-taman baru sesuai dengan spesies hewannya seperti taman reptile, taman burung, dan lain sebagainya.

Adapun sejumlah fasilitas yang ditawarkan di Kebun Binatang Gembira Loka antara lain; sepeda air, kolam tangkap, perahu engkol, kereta mini, kapal Katamaran “Dugong”, Mayang Tirta, toilet bersih, Wi-Fi, ATV, taman reptil, taman burung, museum laboratorium Gembira Loka, dan sarana ibadah. Selain itu karena dikelilingi hutan lindung yang masih terjaga, pengunjung akan disuguhkan pohon-pohon yang menjulang tinggi dan membuat suasana lebih teduh dan asri.

Pengunjung juga dapat melihat sejumlah atraksi seperti pemberian makan kepada hewan karnivora serta pengunjung juga dapat berfoto bersama dengan orang utan.

Sempat mengalami kerusakan usai gempa bumi besar yang melanda Yogyakarta, Jawa Tengah pada 2006 lalu Kebun Binatang Gembira Loka berbenah diri dan menambahkan sejumlah fasilitas yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kebun Binatang ini.

Pada Januari 2019, tempat wisata ini membuka satu zona baru yaitu Zona Cakar atau Scrath Zone yang berisikan sejumlah hewan karnivora atau hewan pemakan daging. Zona yang terletak di sisi barat kawasan kebun binatang atau di sebelah utara taman burung ini dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 1,5 hektar.

Di Zona Cakar ini diisi dengan sejumlah hewan karnovora asal Afrika seperti beruang madu, Daj Karakal, macan dahan, singa, hyena tutul, harimau sumatera, black jaguar, sercal, caracal, civet, dan lingsang.

Pembangunan kandang dengan melibatkan arsitek kandang dari luar negeri ini akan dihiasi dengan air terjun serta sungai kecil mengalir untuk menambah suasana hutan Asia Tenggara yang eksotik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here