Tempat Wisata di Karawang
Tempat Wisata di Karawang

Keliling-dunia.com, Kabupaten Karawang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Barat. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Bogor dan Bekasi pada bagian barat, Laut Jawa di bagian utara, kabupaten Subang di timur, Kapbupaten Purwakarta di tenggara, dan Kabupaten Cianjur di selatan. Kabupaten dengan luas wialayah 1.737,53 km persehi ini memiliki banyak tempat yang menjadi objek wisata. Berikut beberapa tempat wisata di Karawang:

Curug Cigetis

Curug Cigetis menyuguhkan pemandangan air terjun yang menjadi destinasi unggulan di Kabupaten Karawang. Lokasi curug ini berada di bawah kaki Gunung Sanggabuana yang terletak di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru dengan jarak sekitar 44 km dari pusat kota Karawang.

Untuk mencapai air terjun ini wisatawan harus melewati jalan setapak sepanjang dua kilometer , akan tetapi wisatawan tidak akan merasa bosan karena mereka akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah nan elok yang akan memanjakan mata selama perjalanan. Ketika wisatawan telah mencapai tujuan, perjalanan panjang akan terbayarkan dengan keindahan dari pesona air terjun.

Candi Jiwa

Candi Jiwa salah satu tempat wisata di Karawang yang menjadi favorit wisatawan.

Candi yang terletak di kompleks percandian Batujaya yang berlokasi di Kecamatan Batujaya dan Pakisjaya, Karawang, Jawa Barat ini memeberikan wisatawan rasa ingin tahu akan candi ini. Candi Jiwa merupakan salah satu peninggalan dari masa kebudayaan agama Budha yang diprediksi umurnya lebih tua dari Candi Borobudur di Magelang.

Candi yang dinamai Batujaya I atau Candi Jiwa ternyata memilikis sejarah yang cukup mistis. Berdasarkan keterangan warga sekitar, dulunya gundukan tanah yang menutupi candi ini dilewati oleh kambing, kemudian kambing tersebut mati tanpa sebab yang jelas dan kejadian ini kerap kali terjadi. Mulai dari kejadian itu masyarakat sekitar pun menganggap tempat itu memiliki ‘Jiwa’

Selain Candi Jiwa, di kompleks ini terdapat 46 titik candi lainnya. Jumlah candi tersebut kemungkinan akan bertambah sebab saat ini tengah dilakukan pencarian terhadap situs baru yang masih terpendam di dalam tanah.

Curug Cikoleangkak

Karawang rupanya masih memiliki beberapa destinasi air terjun lainnya yang tak kalah dengan Curug Cigentis yaitu Curug Cikoleangkak. Curug ini terletak di Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang yang kira-kira lokasinya berada 42 kilometer dari pusat kota Karawang.

Air terjun dengan ketinggian 30 meter ini memiliki pemandangan yang tidak kalah indah dengan curug yang sebelumnya dibahas karena lokasinya yang masih terbilang sangat asri dan termasuk masuk dalam list wisata tersembunyi di Karawang.

Walau lokasinya yang tersembunyi, Curug Cikoleangkak telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai untuk digunakan wisatawan, seperti kamar mandi, loket untuk pembelian karcis, jalan setapak yang mudah untuk dilalui, beraneka ragam rambu-rambu lalu lintas, kolam renang alam, serta tempat sampah yang mudah ditemui di sekitar Curug Cikoleangkak.

Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok

Karawang menjadi salah satu tempat bersejarah bagi Bangsa Indonesia dalam upaya memperoleh kemerdekaan. Disini kedua Proklamator Indonesia, Soekarno dan Mohammad Hatta diculik oleh golongan pemuda untuk kemudian dipaksa menyusun rencana kemerdekaan Indonesia usai mengetahui Jepang kalah dari sekutu.

Terkait dengan adanya peristiwa itu, di Karawang kini berdiri Monumen Kebulatan Tekad yang merupakan bekas lokasi markas Pembela Tanah Air (PETA). Monumen yang terletak di Kampung Bojong Tugu, Desa Rengasdengklok Utara, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang ini terdapat bangunan dinding beton melengkung dibelakangnya dengan relief yang menggambarkan peristiwa Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Hal ini menjadi daya tarik wisatawan yang ingin berekreasi sekaligus mempelajari sejarah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here