Hutan Mangrove di Jakarta
Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk berada di daerah Jakarta Utara.

keliling-dunia.com, Jakarta memang dikenal sebagai wilayah industri dengan penduduk yang padat. Maka jangan heran kalau Jakarta mendapat predikat tempat panas dan gersang. Tapi jangan salah sangka dulu. Jakarta juga punya destinasi wisata kawasan hijau loh! Tempat itu adalah Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk di Jakarta Utara.

Hutan Mangrove PIK disebut kawasan hijau yang bisa bikin bahagia hidup di Jakarta, karena masih sejuk dan asri oleh tumbuhan bakau. Selain itu, hutan ini bisa jadi tempat pelarian yang tepat buat para pekerja. Padatnya ibu kota kadang kala membuat jenuh, destinasi wisata ini akan cocok buat pekerja yang butuh asupan oksigen bersih.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan saat berlibur di Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk, yaitu:

1.Huting Foto

Jakarta yang terkenal dengan gedung tingginya memang hampir tidak mungkin menemukan spot hutan. Hutan Mangrove PIK menyuguhkan kawasan hijau dengan pohon-pohon cantik yang instagramble banget. Banyak spot-spot yang bisa dijadikan tempat foto, seperti di lorong jalan yang kanan-kirinya tanaman bakau, tepi danau, atau di depan pondok-pondok penginapan.

Perlu diketahui bahwa ada larangan membawa kamera profesional. apabila melanggar akan dikenakan sanksi denda sebesar satu juta rupiah bahkan lebih. Hanya diperbolehkan menggunakan kamera ponsel saja.

Hunting Foto di Hutan Mangrove
Hutan Mangrove bisa jadi tempat huting foto dengan latar kawasan hijau yang menyejukkan.

2.Berlayar Menyusuri Hutan

Tempat wisata di Jakarta Utara ini menyediakan penyewaan perahu untuk mengelilingi kawasan hutan bakau. Harga yang ditawarkan lumayan mahal. Untuk enam penumpang sebesar Rp. 250.000 untuk sewa satu perahu.

Jangan khawatir, karena harga yang dibayar seimbang dengan apa yang didapatkan. Para wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan alam sepanjang perjalanan. Perahu akan membawa wisatawan menyusuri rimbunnya hutan. Meskipun begitu, harga sewa tidak menetap. Perubahan harga dapat ditanyakan langsung kepada pihak pengelola tempat wisata.

3.Menanam Mangrove

Hutan Mangrove PIK tidak saja menyediakan tempat liburan, tapi juga tempat belajar. Wisata sekaligus edukasi. Pihak pengelola akan mengajarkan cara menanam tanaman bakau. Disediakan pelatihan singkat bagi yang berminat mempelajari mangrove.

Harga yang harus dibayarkan untuk setiap proses pembelajaran sebesar Rp. 150.000. Namun, apabila menginginkan untuk memiliki papan nama sendiri pada tumbuhan mangrove yang ditanam sendiri, maka perlu membayar seharga Rp. 500.000. Ini bukanlah harga paten, karena dapat berubah sewaktu-waktu.

4.Bermain Kano

Kawasan wisata hijau ini juga menyediakan kano atau sepeda air. Wahana ini cocok untuk olahraga sembari menikmati udara yang sejuk dan segar. Harga untuk sekali penyewaan adalah Rp. 100.000. Dengan harga segitu, pengunjung bisa menikmati permainan sepeda air ini selama 45 menit.

Apabila bermain kano pada siang hari, maka sangat disarankan untuk menggunakan tabir surya. Agar terhindar dari kulit gosong akibat terbakar matahari. Namun, sangat disarankan mengunjungi temat ini menjelang sore hari. Karena selain matahari sudah tidak terik lagi, pengunjung juga bisa langsung menanti senja. Langit kemerah-merahan Jakarta akan sangat cantik dilihat dari sini.

5.Menginap di Pondok

Hutan Mangrove PIK juga menyediakan penginapan berupa pondok. Tempat ini bisa disewa untuk pengunjung yang ingin lebih lama menikmati kehijauan Jakarta. Pengunjung bisa memilih pondok-pondok kecil yang berada di sepanjang kawasan hutan. Selain pondok, juga disediakan villa dan camp ground.

Pengunjung bisa memilih menginap dimana saja sesuai kenyamanan dan keuangan. Ketiga tempat menginap tersebut memiliki harga yang berbeda. Namun, wisata hutan mangrove ini bisa dijadikan tempat untuk ngobrol santai dan hangat bareng keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here