Hutan Kota Plataran Senayan Jadi Pilihan Wisata Jakarta

0
161
hutan kota plataran
Hutan Kota Plataran Senayan Jadi Pilihan Wisata Jakarta

keliling-dunia.com, Jakarta kini memiliki hutan kota pelataran yang bertempat di komplek Gelora Bung Karno (GBK),letaknya berdampingan tepat disebelah lokasi Hutan Kota lainnya yang masih dikelola GBK. Konsep dasar yang diusung oleh Hutan Plataran ini adalah “Sejarah, Alam, Kebudayaan, dan Kejayaan Indonesia” dan menyandang tagline “Light of Nusantara”.

Tempat ini dikelola oleh Plataran Indonesia setelah diundang bersama-sama dengan beberapa perusahaan food and beverages serta hotel terkemuka lainnya. Pemilihan pengelola tersebut melalui proses seleksi ketat yang dilakukan oleh panitia seleksi yang ditunjuk oleh Pusat Pengelolaan Komplek Gelanggang Olahraga Gelora Bung Karno (PPKGBK)/Sekretariat Negara RI yang didampingi oleh Kantor Pengacara Negara, Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

Mereka ditunjuk untuk melakukan revitalisasi sehingga menjadikannya sebagai tempat yang merefleksikan budaya Indonesia sekaligus tempat yang representatif untuk jamuan bagi masyarakat dan tamu negara dengan makanan Indonesia. Hutan Kota Plataran sepenuhnya dikonsep, dirancang, diimplementasikan dan dioperasikan oleh putra-putri Indonesia.

Tempat tersebut juga hampir seluruhnya menggunakan bahan-bahan yang bersumber dari dalam negeri dan melibatkan banyak UKM. Selain itu, tempat ini dibiayai oleh Plataran dan tanpa melibatkan dana pemerintah. Masyarakat dapat mengakses tempat tersebut melalui pintu-pintu utama GBK yaitu pintu 5, 7 dan 10 serta menggunakan transportasi publik, termasuk MRT.

Mendatangkan ribuan tanaman serta ahli burung dari Plataran Menjangan Taman Nasional Bali Barat, maka Plataran mengharapkan tempat ini akan menjadi sanctuary bagi burung-burung di Jakarta. Sebagai salah satu ikon kota Jakarta, maka selain sebagai taman besar tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti restauran (MICE) yang representantif, Plataran Tembok Ekspresi, Plataran Putri Dewi Perfomance Deck, Plataran Pet Playground, dan Musala.

Tim Plataran telah memperoleh berbagai penghargaan nasional maupun dunia seperti Tripadvisor, Top 40 Jakarta’s Best Eats oleh Majalah Foodies, Best Indonesian Restaurantoleh Indonesia Tatler, dan Best Indonesian and Asian Restaurant dari Now Jakarta Best Restaurant Award,

Tempat tersebut diharapkan akan menjadi panggung makanan Indonesia untuk merayakan keanekaragaman kuliner dari berbagai tempat di Indonesia. Selain bidang food and beverages, Plataran telah mendapat berbagai penghargaan baik ditingkat nasional maupun internasional (termasuk United Nations) khususnya dibidang ekowisata dan pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development).

Pengunjung Hutan Kota di GBK ini pun dapat menikmati sajian kuliner yang merefleksikasn Indonesia, sebagaimana dikatakan oleh Yozua Makes, founder dan CEO Plataran Indonesia.

“Tempat ini memiliki nilai-nilai historis yang adalah bagian dari pada Gelora Bung Karno. Kedua, tempat ini bukan hanya taman besar tempat ini merupakan satu tempat yang logistik kita ada fasilitas restoran, kita ada tempat-tempat yang menggambarkan kejayaan dan kebudayaan indonesia Sehingga orang yang datang bukan hanya datang ke taman tapi menikmati sejarah indonesia melalui fasilitas- fasilitas yang ada di sini,” kata Yozua, Rabu (18/12/2019) di Gelora Bung Karno.

Yozua yakin, masyarakat yang datang ke hutan kota by plataran yang sarat nuansa budaya Indonesia akan merasa bangga. “Salah satu yang terpenting adalah orang yang datang ke sini terutama orang indonesia dia harus bangga dengan Indonesia,” tutur Yozua.

Tempat ini cocok didatangi untuk pengunjung yang datang bersama keluarga, teman, ataupun traveler yang ingin mengadakan acara perusahaan. “Jadi untuk tawaran pengunjung ada berbagai macam, untuk keluarga untuk perusahaan, untuk negara. Jadi di ruangan itu bisa dibagi bagi atau bisa dijadikan satu. Tapi ruangan ini sesuai dengan amanat yang diberikan sekretariat negara kepada kami ‘buatlah sesuatu yang representatif’ sehingga ruangan ruangan ini bisa dipakai jamuan kenegaraan.”

Hutan Kota by Plataran punya 2 gedung restoran, yaitu tiga dari dan pidari. Gedung tiga dari mengusungkan tema formal, sedangkan pidari bernuansa casual, yang tujuannya untuk didatangi anak muda. Namun untuk saat ini hanya tiga dari yang bisa diakses oleh masyarakat, karena pidari masih dalam pembangunan

Selain restorannya yang mewah dan instagramable, Hutan Kota Plataran dikelilingi oleh aspek-aspek kebudayaan negara Indonesia, salah satunya kolam Pancasila.

“Ada kolam pancasila. Ada 5 pilar yg menggambarkan pancasila, sebagai dasar negara kita dan kita terinspirasi ketika presiden soekarno merenungkan dasar negara di bawah pohon besar, pohon beringin yang kebetulan sekarang memang ada, jadi kita ingin jiwa patriotisme juga ada dalam taman besar ini,” kata Founder Plataran Indonesia Dewi Makes.

Gedung tiga dari hutan kota plataran sudah bisa dinikmati oleh masyarakat mulai besok. Berlokasi di Gelora Bung Karno, Hutan Kota Plataran bisa diakses melalui pintu 5 dan 7. Tempat instagramable ini buka dari pukul 10 pagi sampai 10 malam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here