Gibran Mantapi Diri Membangun Negara dimulai dari Bawah

0
11
gibran
Gibran Mantapi Diri Membangun Negara dimulai dari Bawah

keliling-dunia.com, Tekad Gibran Rakabuming Raka dalam membangun Kota Solo sangat kuat. Ia mengatakan, dirinya sepakat dengan pernyataan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bahwa dalam membangun sebuah negara harus dimulai dari bawah. Oleh karena itu, Gibran mengatakan, ia ingin memulai hal tersebut dari Kota Solo, Jawa Tengah bersama Teguh Prakosa yang menjadi pasangannya dalam Pilkada Solo 2020.

Dukungan Zulkifli terhadap Putra Sulung Jokowi itu bukan tanpa maksud. Zulkifli dan PAN mempercayai konsep regenerasi kepemimpinan. Dicontohkannya seperti Perdana Menteri Kanada yang berusia 40 tahun. Selain itu, Zulkifli juga mengatakan kepemimpinan kalangan muda akan membawa dinamika yang baik bagi bangsa menuju masa depan lebih baik.

Putra sulung Presiden Jokowi itu telah menjalani rangkaian tes kesehatan syarat Pilkada di RS Umum Daerah (RSUD) dr Moewardi pada Selasa, 8 September 2020. Gibran Rakabuming datang lebih awal ke RSUD sekitar pukul 07.10 WIB. Putra Joko Widodo itu mengenakan kemeja putih lengan panjang dengan celana panjang hitam. Ia juga mengenakan masker, face shield, dan sarung tangan karet. Begitu pula dengan pasangan calonnya Teguh yang tiba 10 menit kemudian dengan pakaian berwarna yang sama. Teguh hanya menggunakan masker medis tanpa face shield dan sarung tangan.

Sebelum menjalani tes kesehatan seluruh bakal paslon harus menunjukkan surat keterangan bebas Covid-19 dibuktikan dengan tes RT-PCR dengan hasil negatif. Jika bakal peserta Pilkada dinyatakan positif Covid-19, mereka dapat mengikuti tes kesehatan gelombang kedua. Menurut ketua KPU hasil tes tersebut akan diserahkan paling lambat tiga hari setelah selesai tes.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga menyatakan bahwa putra Jokowi itu telah menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN) serta telah diverifikasi dan dinyatakan lengkap.  LHKPN merupakan salah satu syarat yang harus terlengkapi untuk mengikuti Pilkada. Dengan itu KPK meminta bakal calon untuk mengisi laporan hartanya secara lengkap, benar dan jujur. Transparansi dan integritas calon kepala daerah, tutur dia, dimulai dari keterbukaannya dalam melaporkan harta kekayaan secara jujur.

Ketangguhan Gibran menyalonkan diri sebagai Walikota dalam Pilkada Solo tentu disambut baik PDIP. Tak lain dengan harapan Ia akan mengikuti jejak sang ayah yang merintis karir politik dari Walikota Solo. Tidak hanya Gibran, Bobby Nasution yang merupakan menantu Jokowi juga memberanikan diri ikut dalam Pilkada 2020 dengan maju menjadi Kepala Daerah Sumatera Utara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here