Danau Toba
Danau Toba

keliling-dunia.com, Secara geografis Danau Toba terletak di Sumatera Utara yang mempunyai panjang sekitar 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Menurut beberapa ilmuwan, danau air tawar terbesar di Asia Tenggara ini terbentuk akibat erupsi hebat Gunung Toba yang terjadi sekitar 74.000 tahun lalu. Juga Menurut para ilmuwan NASA, letusan tersebut membinasakan sekitar 60% makhluk hidup di Bumi.

Namun, ada beberapa fakta menarik mengenai Danau ini diantara lain:

  1. Nama danau berasal dari nama gunung yang telah meletus sebanyak 3 kali. Gunung itu bernama gunung Toba,letusan gunung terjadi sekitar 800.000 tahun yang lalu. Kemudian, letusan ini menghasilkan kaldera sisi selatan gunung, mencakup wilayah prapat dan porsea, Sumatera Utara. Letusan kedua terjadi sekitar 500.000 tahun memiliki kekuatan lebih kecil dari yang sebelumnya. Terakhir, yakni letusan ket-3 terjadi 74.000 tahun lalu yang menghasilkan kaldera, Gunung Toba berubah menjadi Danau Toba.
  2. Sebuah penelitian dilakukan oleh peneliti New York University mencari tahu bagaimana iklim Bumi di masa lalu. Ia akhirnya menemukan sebuah benda bernama foraminifera di dasar laut. Itulah yang menjadi indikasi kalau dulu suhu Bumi sangat ekstrem. Peneliti akhirnya menemukan fakta jika penyebabnya merupakan erupsi Gunung Toba saat itu. Peneliti ini juga menjelaskan akibat erupsi tersebut, samudera diseluruh dunia mengalami penurunan suhu hingga 5 derajat celcius.
  3. Meletusnya Gunung Toba menjadi penyebab kematian massal terhadap beberapa spesies bahkan mengalami kepunahan. Bedasarkan sejumlah bukti DNA, letusan ini juga mengurangi jumlah manusia hingga sekitar 60% dari jumlah populasi manusia bumi saat itu.
  4. Pada sosial media, Danau Toba berada pada peringkat pertama dunia. Melalui media Twitter, jika dibandingkan dengan danau lain nan indah dan menawan di dunia. Danau ini juga menjadi destinasi wisata (DTW) di Sumatera Utara baik wisatawan lokal, nasional, dan mancanegara.
  5. Ditengah-tengah danau toba terdapat pulau Samosir, juga terdapat dua danau indah yang mempunyai nama Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Danau ini menjadi habitat ikan khas daerah batak, yaitu ‘ikan batak'(Neolissochillus thienemanni) yang memiliki nilai sejarah serta budaya tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here