wisata gili lawa NTT
wisata gili lawa terbakar

keliling-dunia.com, Siapa yang tidak tahu destinasi favorit Gili Lawa? Salah satu tempat wisata indah di daerah kawasan Taman Nasiona Komodo, Nusa Tenggara Timur. Namun sangat disayangkan, kabar sedih menimpanya. Gili Lawa saat ini terbakar akibat human error pengunjungnya.

Kebakaran terjadi pada malam hari, api menjalar sampai ke puncak bukit Gili Lawa. Kebakaran menyebar karena kondisi angin yang sangat kencang saat itu. Beruntungnya saat peristiwa terjadi ada turis yang menjadi saksi mata. Mereka langsung inisiatif untuk menghubungi pihak Taman Nasional dan pemerintah. Namun mirisnya tim pemadam tidak mampu menyelamatkan keindahan Gili Lawa.

Api berhasil di padamkan setelah selama sembilan jam membakar savana, kurang lebih 10 Hektar savana di Gili Lawa yang terbakar. Para pecinta travel sangat menyayangkan hal yang menimpa Gili Lawa ini. Mereka kecewa dengan kecerobohan pengunjung dan tour leader. Terduga pelaku yakni beberapa wisatawan dan seorang tour leader yang berada di tempat saat sore. Mereka menyusuri bukit yang indah ini demi mencari spot foto. Menurut saksi yang melihat, terdapat beberapa titik api saat mereka di bukit. Diduga unsur api digunakan untuk segi estetika foto para wisatawan.

Pelaku yang diduga tersangka saat ini telah diamankan dan dimintai keterangan oleh pihak kepolisian.  Mereka di periksa di polres Labuan Bajo. Pihak travel agent yang membawa wisatawan pun telah memberikan konfirmasi mengenai tuduhan itu. Mereka mengatakan bahwa tour leadernya saat ini sedang menjalani pemeriksaan polisi dan akan mengikuti proses hukum yang berlaku.

Saat ini destinasi wisata Gili Lawa masih ditutup untuk pengunjung. Belum ada kabar pasti kapan Gili Lawa akan kembali di buka. Wisatawan tidak dapat melakukan pendakian ke puncak pulau. Terutama pada lahan yang telah hangus terbakar. Sementara jika melakukan kegiatan wisata di daerah perairan Gili Lawa masih diperbolehkan.

Kepala Balai TN Komodo, Budhy Kurniawan menghimbau para wisatawan yang berkunjung mematuhi aturan yang ada. Menteri pariwisata pun turut prihatin dan memberikan peringatan agar penyedia tour travel lebih menjaga dan mengawasi segala peraturan.

Kawasan Indonesia Timur memang selalu menawarkan sejuta pesonanya. Deretan kepulauan menawan dan garis pantai yang indah akan selalu menarik untuk menjadi wisata yang dijelajahi. Namun sayang bila kegiatan wisata yang dilakukan malah berujung merusak serta mengeksploitasi alam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here