Cara Membuat Cream Soup Jagung Kental, Lezat dan Gurih

Keliling-dunia.com, Hidangan pembuka yang sering kita jumpai adalah cream soup jagung. Akan tetapi selain cream soup jagung ada menu hidangan pembuka yang sering dibuat soup. Seperti jamur, daging ayam, seafood dan lainnya. cara membuat cream soup jagung ini sebenarnya hampir sama dengan cream soup lainnya. Hanya saja cream soup jagung mempunyai bahan utama yang terbuat dari jagung dan begitu pula yang lainnya.

Soup cream jagung ini disajikan di restaurant ternama dan yang sering menyajikannya. Jadi bila anda masuk disalah satu restaurant yang ada hidangan sajian cream soup ini, jangan heran. Cara membuat cream soup jagung ini juga sering dibuat untuk anak-anak atau lansia yang kesulitan dalam saat mengkonsumsi makanan seperti nasi. Untuk anda yang tertarik untuk mencoba cream soup jagung di rumah, anda dapat ikuti langkah di bawah ini dalam cara dalam pembuatannya.

Bahan utama dalam cara membuat resep cream soup jagung

  • dada ayam 300 gram, cuci bersih, potong kecil-kecil dan rebus
  • jagung manis 300 gram, bersihkan dan pipil
  • jagung manis 2 kaleng kecil, bikin krim
  • wortel 200 gram, bersihkan kulitnya dan potong dadu
  • kacang polong 100 gram (jika suka)
  • kaldu 1500 ml, didihkan
  • mentega 2 sendok makan
  • susu evaporated 100 ml
  • bawang Bombay 200 gram, kupas dan cincang halus
  • seledri 4 batang, cuci bersih dan iris halus
  • pala bubuk ½ sendok teh
  • merica halus 1 teh
  • garam 1 teh

Cara membuat cream soup jagung yang lezat:

  1. Langkah pertama cara membuat cream soup jagung yang lezat anda pastikan bahan utama dan bumbu sudah lengkap tanpa ada yang tertinggal.
  2. Pertama, siapkan wajan dan beri mentega secukupnya. Tumis bawang Bombay sampai harum dan matang.
  3. Kemudian tuangkan kaldu sisa rebusan ayam yang sudah disiapkan, masak dengan api yang kecil. Masak selama 5 menit, lalu tuangkan susu, lada, garam, dan pala. Aduk-aduk hingga bumbu tercampur dengan rata.
  4. Setelah rasanya sudah enak, masukkan daging ayam yang sudah direbus, tambahkan wortel, jagung manis dan kacang polong. Aduk-aduk dan masak hingga semua bahan matang beserta dengan bumbunya.
  5. Setelah bumbu sudah meresap dan rasanya sudah enak, matikan kompor, angkat dan sajikan didalam mangkuk.
  6. Taburi mangkuk yang berisi soup dengan bawang goreng sedikit dan daun lederi secukupnya.
  7. Cream soup jagung manis siap untuk dihidangkan.

Kunci Membuat Cream Soup Kental

1. Gunakan bagian dada ayam

Karena sup krim ayam termasuk ke dalam makanan bertekstur lembut, maka bagian ayam terbaik yang harus anda gunakan adalah dadanya. Bagian dada banyak daging yang tak berlemak, sehingga cocok dimasak cream soup ayam. Jangan pakai ayam yang berlemak, nanti cream soup akan ‘memisah’.

2. Gunakan air kaldu dan susu cair

Untuk menciptakan sup yang kental dan gurih, pastikan anda menggunakan air kaldu. Kaldu bisa didapat dari rebusan tulangnya. Buang bagian ampas kaldu sampai bersih biar kuahnya bening. Tambah susu cair full cream supaya rasa sup krim bisa lebih gurih.

3. Tambahkan larutan tepung

Untuk mengentalkan sup, maka ditambah dengan larutan tepung bisa sangat membantu. Tepung nya bisa bebas. Tapi sebaiknya anda pakai tepung maizena. Dalam tumisan mentega tambah larutan tepung, ayam dan sayuran yang dicampurkaldu. Tepung diencerkan dengan sedikit air sebelum dimasukkan agar tidak menggumpal.

4. Masukkan susu terakhir kali

Setelah kaldu beserta bahan-bahan lainnya mengental, baru terakhir kali masukkan susu cairnya. Bila sebelum kuah mengental susu sudah dimasukkan, maka sup dapat ‘pecah’ dan tak bisa larut menyatu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here