Cara Memasak Cah Kangkung Lezat Favorit Keluarga

Keliling-dunia.com, Apakah anda salah satu penggemar menu masakan sayur kangkung? Jika iya, seperti apa jenis olahan dari sayur kangkung yang anda sukai? Apakah tumis kangkung, kangkung crispy, plecing kangkung, atau cah kangkung? Nah, kali ini kita akan membagikan resep cara memasak cah kangkung yang lezat untuk menu masakan yang jadi favorit keluarga anda.

Apapun jenis masakan kangkung yang favorit anda, kangkung memang menjadi sayur yang sangat fleksibel untuk diolah menjadi berbagai macam jenis masakan. Disamping karena harganya yang murah, sayuran kangkung ini dapat anda temui dimana saja. Baik itu di pasar tradisional atai disupermarket.

Panduan Cara Memasak Cah Kangkung Lezat

Sebenarnya, resep cara memasak cah kangkung adalah salah satu resep asli Indonesia dan salah satu warisan kuliner dari nenek moyang. Mungkin orang tua kita dahulu lebih mengenalnya dengan nama tumis kangkung. Resep cara membuat cah kangkung sangat sederhana. Sayuran kangkung sebagai bahan utama. Bumbunya juga bisa dibilang sangat sedikit juga mudah didapatkan. Meski bumbu resep cah kangkung beserta cara memasaknya sangat sederhana, variasi resep sayur Indonesia ini memang memiliki rasa yang tidak kalah dengan masakan yang berasal dari luar.

Kandungan Vitamin A terdapat dalam kangkung. Resep masakan cah kangkung ini mengandung zat seperti fosfor, zat besi, vitamin C, dan mineral lain yang sangat dibutuhkan tubuh kita. Untuk lebih jelasnya silahkan anda melihat resep bumbu cah kangkung sederhana di bawah ini ya.

Bahan Cah Kangkung Nikmat

  • 1 ikat kangkung
  • 1 lombok merah besar
  • lombok merah kecil (cabe rawit) sesuai selera
  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • Saus tiram ┬▒ 3 sdm
  • Lengkuas 1/3 ruas jari
  • Sedikit garam
  • Gula aren/gula pasir secukupnya
  • Terasi
  • Tomat
  • Mentega / minyak

Cara Memasak Tumis Kangkung:

  1. Sediakan kangkung yang dibersihkan dan di petik daunnya.
  2. Bawang merah, bawang putih diiris ditambahkan tomat dan cabai
  3. Mentega atau minyak dipanaskan di atas penggorengan, tumis bawang putih, bawang merah sampai hingga harum.
  4. Masukan lengkuas, cabai dan terasi, lalu tambahkan saus tiram.
  5. Kangkung yang sudah di cuci lalu dimasukkan, jangan ditambah air pada tumisannya. Sebab sebenarnya air nantinya akan keluar dengan sendirinya dari kangkung yang sudah dicuci. Akali saja dengan mengecilkan api.
  6. Setelah matang lalu masukan gula dan garam. tahap terakhir ini sebaiknya usahakan agar mencicipi dahulu kuahnya. Sebab biasanya terasi dan saus tiram ini sendiri rasanya sudah asin.
  7. Masukan tomat dan siap di hidangkan hangat-hangat.

Tips Memasak Cah Kangkung Agar Tetap Hijau

Cara yang satu ini harus anda pakai ketika anda memasak tumis kangkung, kesalahan kita ketika menumis kangkung adalah menggunakan api yang kecil. Sehingga kangkung terlalu lama diatas api lalu mempengaruhi warna dan kesegaran kangkung tersebut.

Ketika anda memasak kangkung dengan api yang besar maka kangkung akan lebih cepat matang dan tidak terlalu lama di atas api. Inilah yang menyebabkan tekstur dan warna kangkung akan terlihat segar dan hijau.

Tidak semua kangkung bisa kita olah seperti itu, hanya kangkung yang masih baik kualitasnya saja yang kita bisa olah seperti tadi.

Tips Memilih Kangkung

  1. Pilih kangkung yang terlihat segar dan tidak layu ya guys
  2. Hindari juga kangkung yang daunnya sudah sedikit membusuk atau bolong-bolong.
  3. Lalu, pastikan ketik anda memotong kangkung potong hingga batangnya namun jangan terlalu panjang agar mudah untuk dikonsumsi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here