Kuliner Khas Yogyakarta
Kuliner Khas Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY dikenal karena banyak aspek salah satunya adalah Kuliner Khas Yogyakarta. Yogyakarta dikenal dengan banyak nama, seperti kota pelajar, mini Indonesia, juga dikenal dengan daerah wisatanya. Salah satu Universitas tertua di Indonesia juga berlokasi di Yogyakarta.

Kata murah-meriah juga identik dengan daerah ini. Sebab banyaknya pelajar yang berada di kota ini mempengaruhi berbagai hal di kota ini. Seperti harga makanan, hal ini menjadi salah faktor utama dari banyaknya minat penikmat kuliner maupun masyarakat umum. Sebut saja nasi kucing, gudeg yang menjadi ikon kota tersebut.

Selain makanan yang disebutkan sebelumnya masih banyak berbagai jenis makanan yang terkenal dan sangat mencerminkan Kuliner Khas Yogyakarta, diantaranya:

1. Sate Kere

Sate ini dibuat dari gajih sapi lalu diberi rempah-rempah spesial yang dibakar sampai matang. Kemudian dihidangkan bersama sambal dan kecap manis. Aroma hidangan yang dapat ditemui di selatan Pasar Beringharjo itu sangat memancing selera, apalagi jika menyicipi rasanya. Sebenarnya, di kota Solo juga terdapat makanan dengan nama serupa namun, bahan utama yang digunakan adalah tempe gembos dengan menggunakan kuah santan.

2. Mangut Lele

Hidangan yang berbahan baku ikan lele ini diberi mangut, yang merupakan racikan bumbu dari berbagai rempah khas Jawa. Lelenya dibakar dengan bilah-bilah bambu. Sehingga, akan mengeluarkan aroma yang menggugah selera.

3. Peyek Tumpuk

Peyek Tumpuk ini hampir sama dengan peyek kacang biasa. Perbedaannya, Peyek Tumpuk digoreng dengan bertumpuk-tumpuk sehingga bentuknya menjadi bulat tidak beraturan

4. Tengklek Gajah

Kata ‘gajah’ pada nama hidangan ini tidak berkaitan dengan bahan yang digunakan. Namun merujuk pada besar porsi yang dihidangkan. Jadi, tengkleng gajah merupakan hidangan yang tersaji semacam tongseng maupun tongseng goreng. Pada tulangnya, terdapat daging yang menempel dan sumsum yang tersembunyi.

5. Rujak Es Krim

Kuliner Khas Yogyakarta ini mempunyai keunikan tersendiri, di sini es krim disatukan bersama kuah rujak beserta isiannya. Jika mencoba kulier ini dijamin akan jatuh cinta dengan perpaduan rasa manis, pedas dan segar sekaligus dalam satu suapan. Rujak es krim ini dapat menjadi pilihan, setelah letih berkeliling kota Jogja. Sepertinya makan rujak es krim tidak akan cukup jika hanya satu kali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here