Ilustrasi singa
Ilustrasi singa

Keliling-dunia.com Manajemen kebun binatang Gembira Loka Yogyakarta merintis Zona Cakar ini sejak 2014 silam. isi zona ini terdiri dari berbagai macam kucing besar, dari harimau, singa, bahkan heyna. Ada juga macan dahan, macan kumbang, dan
macan tutul.

“Total akan ada sekitar 30 ekor satwa karnivora di Zona Cakar itu, sebagian didatangkan dari Afrika,” ujar Staf Direksi Gembira Loka Agung Wibowo, Rabu 26 Desember 2018.

Biaya lebih dari Rp 1,5 miliar dikocek manajemen Gembira Loka untuk mendatangkan satwa, belum ditambah lagi biaya membangun zonanya.

Dengan luas 2000 meter persegi, zona cakar berada di sisi barat dari kebun binatang. “Tahap pembuatan zona tersebut saat ini mencapai 70 persen, targetnya Januari 2019 rampung dan diresmikan,” ujar Agung.

Agung membenarkan sempat ada kendala saat mengurus perizinan satwa Zona Cakar. “Pengurusan ijin untuk mendatangkan macan sempat ada masalah karena lintas negara dari Afrika,” ungkapnya.

Beberapa satwa sudah berada di Indonesia. sebelum dipindah ke Kebun Binatang Gembira Loka, satwa ini akan melalui tahap adaptasi iklim di Indonesia. “Satwa sebagian sudah siap, ada yang sudah di sini, ada yang belum, karena adaptasi iklim dari Afrika dan Eropa ke Indonesia,” ungkapnya.

Tiket pengunjung belum ada kenaikan, walaupun ada zona ini. Tiket masih diharga Rp 25- 30 ribu saat weekday dan saat musim liburan Rp 35 ribu per orang. “Tak ada tambahan pembelian tiket untuk menikmati Zona Cakar, tetap berlaku satu tiket saat masuk saja dan harga tetap,” kata Agung.

Perlu diketahui juga arti dari Kebun Binatang Gembira Loka adalah, Loka artinya tempat, gembira ya gembira. Syahdan, hampir setengah abad yang lalu Sri Sultan Hamengku Buwono IX mewujudkan keinginan pendahulunya untuk mengembangkan ‘Bonraja’ tempat memelihara satwa kelangenan raja menjadi suatu kebon binatang publik.

Maka didirikanlah Gembira Loka di atas lahan seluas 20 ha yang separonya berupa hutan lindung. Disitu terdapat lebih dari 100 spesies satwa di antaranya 61 spesies flora.

TRAVEL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here