Anies Baswedan Naikan UMP Jakarta bagi Usaha yang Tidak Terdampak

0
19
Anies Baswedan
Anies Baswedan naikan ump 2021 dki jakarta

keliling-dunia.com, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2021 sebesar 3,27 persen menjadi Rp 4.416.186,548. Kenaikan UMP tersebut tidak diberlakukan secara merata, hanya untuk perusahaan-perusahaan tertentu yang tidak terdampak Covid-19. Menurut Anies ada beberapa perusahaan yang justru tumbuh pesat di masa Pandemi ini.

Misalnya saja bidang usaha alat kesehatan yang justru mendapatkan banyak permintaan akibat pandemic Covid-19, sehingga pendapatannya pun meningkat. Namun bagi perusahaan yang pendapatannya anjlok atau terdampak pandemi Covid-19 bisa tetap menerapkan UMP sebelumnya di tahun 2020.

“Kebijakan yang diambil adalah kebijakan asimetris,” ujar Anies.

“Intinya bagi kegiatan usaha yang mengalami penurunan terdampak pandemi Covid-19 secara ekonomi, UMP-nya tetap,” tambahnya.

Keputusan Gubernur DKI Jakarta ini diambil setelah Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menerbitkan kebijakan tentang ketidak naikan UMP 2021. Ida sebelumnya menerbitkan Surat Edaran Nomor M/11/HK.04/X/2020 yang meminta agar kepala daerah tidak menaikkan UMP dan menetapkan UMP 2021 sama dengan 2020.

Anies Baswedan merasa kebijakan Pemprov DKI menaikan UMP 2021 secara asimetris merupakan tindakan yang adil. Ia menjalankan kebijakan Menteri Ida untuk membantu sektor usaha terdampak Pandemi agar tidak menambah beban dengan menaikan upah pekerja. Seperti bidang usaha hotel atau pariwisata misalnya, yang tentu mendapatkan penurunan pendapatan.

Namun baginya beberapa sektor usaha justru tumbuh berkembang di masa Pandemi sehingga hak pekerja/buruh untuk mendapatkan kenaikan upah adalah hal yang adil. Seperti sektor penyedia alat kesehatan yang mendapatkan pesanan meningkat, mendukung peningkatan produksi dan pendapatan perusahaan. Kenaikan UMP di setiap tahunnya memang menjadi harapan pekerja untuk membantu kesejahteraan.Dengan itu Anies Baswedan merasa dengan kebijakan asimetris ini akan membantu pemerintah bersikap adil terhadap pengusaha dan pekerja/buruh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here