keliling-dunia.com, Tujuh Wisata di Palembang
7 Wisata di kota Palembang

Keliling-dunia.com, Destinasi wisata di Palembang bisa dibilang beragam. Kota yang menjadi penyelenggara Asian Games 2018 bersama Jakarta ini menyimpan beberapa tempat yang bisa dikunjungi karena kekayaan budaya dan warisannya.

Berikut ini tujuh destinasi wisata di Palembang yang wajib dikunjungi.

1. Jembatan Ampera

Jembatan yang mulai dibangun pada 1962 dan diresmikan pada 1965 ini merupakan ikon dari kota Palembang. Bangunan bersejarah ini tentunya tidak boleh terlewatkan saat kita mengunjungi kota Palembang.

Wisatawan juga bisa berkunjung ke Jembatan Ampera dan menyusuri sepanjang Sungai Musi menggunakan perahu di bawah jembatan yang menyambungkan dua bagian Palembang, yaitu Seberang Ulu dan Seberang Ilir.

2. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro memiliki salah satu legenda terkemuka di Palembang. Di pulau tersebut dikenal menjadi latar belakang legenda kisah cinta dari pangeran asal Tiongkok Tan Bun An dengan puteri Palembang, Siti Fatimah.

Dalam kisahnya, pasangan suami-istri tersebut tenggelam ke dalam perairan sungai Musi dekat Pulau Kemaro setelah mencari tujuh buah guci. Untuk mengenang kisah mereka didirikan sebuah kelenteng besar.

Untuk berkunjung ke pulau ini, wisatawan harus menyewa perahu seharga sekitar Rp 150 ribu. Perahu ini dapat menampung 100 orang dewasa.

3. Kampung Kapitan

Kampung ini juga menyimpan legenda. Nama Kapitan berasal dari salah satu tokoh yang memungut pajak pada zaman kolonial di Palembang.

Di kampung ini umumnya dihuni oleh para keturunan Tionghoa. Wisatawan bisa melihat tradisi para leluhur, sembahyang, pembuatan pempek sampai melihat arsitektur khas Tiongkok bercampur gaya Belanda di Kampung Kapitan.

4. Bukit Siguntang

Bukit satu ini merupakan salah satu tempat bersejarah dan masih dianggap keramat. Setidaknya bagi warga Palembang.

Ada beberapa tokoh penting yang dimakamkan di sana. Kebanyakan tokoh-tokoh kerjaan Palembang dulu seperti Putri Kembang Dadar, Putri Rambut Selako, Panglima bagus Kuning, Panglima Raja batu Api.

Bahkan, menurut berbagai cerita yang sering menghubungkan kerjaan di Yunani dan Sriwijaya, konon di sinilah tempat dimakamkannya Alexander The Great.

Wisatawan bisa berziarah ke bukit Siguntang ini hingga melihat suasana senja dan panorama Palembang dari ketinggian.

5. Kampung Pempek

Kalau kampung yang satu ini sih tidak menyimpan legenda seperti tempat pertama kalinya di temukannya pempek. Kampung yang terletak di Jalan Mujahiddin 26 Ilir ini mendapat julukan Kampung Pempek karena di sini merupakan tempat favorit untuk membeli oleh-oleh khas Palembang itu.

Harga pempek di sini cukup murah, yakni di kisaran Rp1.000 sampai Rp2.500 rupiah per pempeknya. Jenisnya pun berbagai macam. Mulai dari lenjer, kulit, sampai kapal selam.

6. Al-Quran Al-Akbar

Monumen Al Qur’an raksasa ini berada di jalan Moh Amin, Kota Palembang. Ayat-ayat suci Al-Qur’an itu diukir di atas lembaran kayu trembesi yang dihiasi dengan ukiran khas Palembang.

Ini merupakan salah satu wisata religi yang bisa dilakukan di Palembang. Pembuatan Al-Qur’an raksasa ini dimulai sejak 2002 dan selesai pada 2008.

7. Jakabaring Sport City (JSC)

Ini dia salah satau bangunan olahraga yang terkemuka di Palembang. Kompleks Olahraga Jakabaring sejak Asian Games 2018 ini semakin menarik perhatian para wisatawan lokal atau mancanegara.

Selain venue olahraga seperti Bowling Center yang kabarnya akan dibuka untuk umum, JSC juga menyediakan banyak taman dan danau buatan yang bisa dikunjungi.

Apalagi tempat wisata ini juga akan semakin dimanjakan dengan adanya jaringan LRT atau kereta api ringan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here