Wisata Yogyakarta Air Terjun Sri Gethuk
Wisata Yogyakarta Air Terjun Sri Gethuk (istimewa)

Keliling-dunia.com – Jika melakukan wisata Yogyakarta, dan jenuh dengan wisata kuliner ataupun wisata belanjanya, kamu dapat mencoba mendatangi wisata alam khususnya air terjunnya.

Ya, Yogyakarta memiliki sejumlah air terjun yang unik dan instagramable.

Dilansir dari sejumlah sumber, sebagai berikut lima wisata air terjun instagramable di Yogyakarta yang dapat jadi pilihan wisata alam di kota ini:

1. Air Terjun Sri Gethuk

Wisata Yogyakarta Air Terjun Sri Gethuk

Wisata Yogyakarta Air Terjun Sri Gethuk sedang di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Air Terjun Sri Gethuk ini adalah salah satu air terjun yang menjadi kesayangan dan familiar di Yogyakarta.

Sebutan beda Air Terjun Sri Gethuk yaitu Slempret yang dipungut dari area air terjun Sri Gethuk yang terletak di wilayah Slempret.

Air terjun ini menawarkan eksotisme alam yang memukau, karena dijepit oleh suatu tebing dengan elevasi sekitar 50 meter.

Untuk masuk ke ke tempat wisata ini kamu lumayan membayar tiket masuk selama Rp 3 ribu per orang, harga dapat berubah sewaktu-waktu.

2. Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang

Wisata Yogyakarta Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang

Kaliurang merupakan area wisata Yogyakarta yang terletak di lereng Gunung Merapi dengan elevasi sekitar 878 meter di atas permukaan laut.

Di area ini terdapat di antara wisata alam air terjun yaitu Air Terjun Tlogo Muncar.

Air terjun ini memiliki elevasi sekitar 30 sampai 45 meter dengan sumber air yang berasal dari lereng Bukit Plawangan yang adalah salah satu bukit di Gunung Merapi.

Namun, sebab Gunung Merapi adalah gunung yang gersang dan jarang adanya vegetasi tumbuhan, menciptakan debit air terjun ini paling sedikit.

Maka andai kamu tertarik untuk mendatangi air terjun ini berkunjunglah pada masa pergantian musim penghujan ke kemarau.

3. Air Terjun Pantai Jogan

Wisata Yogyakarta Air Terjun Pantai Jogan

Begitu tidak sedikit panyai di Gunung Kidul dengan keunikannya masing-masing, salah satunya yaitu Pantai Jogan Gunung Kidul.

Pantai ini memiliki keanehan yaitu air terjun yang langsung jatuh bebas dari atas tebing ke bibir Pantai Jogan.

Air Terjun Panya Jogan memiliki elevasi sekitar 10 meter dengan sumber air yang mengalir dari perbukitan di sebelah unsur utara pantai ini.

Untuk menyaksikan keindahan air terjun serta batu putih yang menajdi latarbelakang instagramable ini, disarankan untuk kamu guna turun ke bawah dengan teknik melewati turunan dari bukit kapur disebelah kanan dari air terjun.

4. Air Terjun Luweng Sampang

 Wisata Yogyakarta Air Terjun Luweng Sampang

Wisata Yogyakarta Luweng Sampang adalah sebuah air terjun menarik yang memiliki ciri khas batu-batuan yang sepintas serupa dengan Grand Canyon di Negara Amerika Serikat.

Dinamakan Luweng Sampang sebab Luweng adalahkata yang berasal dari bahasa Jawa yang berarti Lubang dan Kata Sampang dipungut dari tempat air terjun ini yaitu di desa Sampang.

Air Terjun Luweng Sampang tergolong air terjun mini karena melulu memiliki elevasi sekitar lima meter, walau demikian pesona air terjun ini terletak pada komposisi dari batu-batuan di sekitarnya yang paling menarik.

Kamu yang penasaran laksana apa Air Terjun Luweng Sampang dapat langsung ke Jalan Juminahan Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari Gunungkidul, Yogyakarta.

5. Air Terjun Curug Pulosari

Wisata Yogyakarta Air Terjun Curug Pulosari

Wisata Yogyakarta Curug Pulosari terletak di Desa Wisata Krebet, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Curog Pulosari adalah sebuah air terjun yang airnya bersumber dari aliran sungai alami di area perbukitan di dekat lokasi.

Pancuran di Curug Pulosari terbilang kecil, namun sebab lokasinya sedang di tengah area perbukitan yang sekitar ini dikenal kering, menciptakan pemandangan yang kamu dapat lihat di sekitaran curug sungguh eksotis dan unik untuk diabadikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here