Gerakan Senam Kegel dan Gambarnya Lengkap Dengan Panduannya

Senam kegel merupakan senam yang bertujuan untuk melatih oto panggul yang berada di daerah bawa. Selain itu, senam kegel ini juga bisa membantu untuk mengencangkan otot di bawah rahim, kantong kemih, usus besar dan juga area organ reproduksi kita. Kali ini kita akan membahas tentang gerakan senam kegel dan gambarnya dengan lengkap.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari senam kegel ini. Karena jika dilihat secara umum senam kegel itu bukan hanya bisa bermanfaat untuk wanita akan tetapi juga untuk pria. Kaum wanita lah yang kebanyakan sering melakukan senam kegel ini, namun jika anda seorang pria, anda bisa juga untuk mencobanya.

Gerakan Senam Kegel dan Gambarnya Lengkap Dengan Panduannya

Manfaat Gerakan Senam Kegel dan Gambarnya

Adapun manfaat yang didapatkan dari senam Kegel bisa dijelaskan sebagai berikut:
  • Dapat menjaga kontrol otot agar bisa buang air secara lancar.
  • Untuk pria, senam Kegel bisa juga untuk meningkatkan performa seksual. Otot panggul bawah menjadi kencang selama berhubungan seksual. Ereksi bisa dikelola dengan baik dan ejakulasi dini tidak terjadi.
  • UProses persalinan bisa menjadi lancar jika saat hamil ibu sering senam kegel. Karena jalan lahir akan mudah terbuka bila otot panggul elastis dan kuat. Selain itu juga¬† mencegah episiotomi.
Agar hasilnya yang didapat bisa maksimal, senam Kegel bisa dilakukan selama kehamilan ataupun saat setelah persalinan. Senam ini berguna sekali terutama untuk Anda yang mengalami masalah seperti ini :
  • Tidak sengaja mengeluarkan urine saat batuk, tertawa, atau bersin. Tapi jika kondisinya sudah sangat parah senam kegel ini belum dapat membantu dengan maksimal.
  • Menjadikan otot yang mengontrol buang air besar jadi lemah.
  • Lemah dan lebarnya otot panggul pasca-persalinan yang akan membuat rahim turun. Kondisi ini dapat dicegah dengan melakukan senam Kegel selama masa kehamilan.

Contoh Gerakan Senam Kegel dan Gambarnya Lengkap Untuk Wanita

  • Untuk melakukan senam kegel bagi wanita. Pertama posisikan tubuh anda tidur terlentang menghadap keatas.
  • Tangan anda keduanya lurus menyentuh lantai disamping tubuh, hadapkan kebawah telapak tangan anda . Ambil posisi kedua kaki dengan sedikit mengangkang.
  • Lutut ditekuk, pakailah bahu belakang,¬†telapak kaki, dan kepala belakang dalam menyangga sambil mengangkat berat badan keatas. Pertahankan posisi ini selama 5 – 10 detik. Dan ulangi kembali 12 – 14 kali berturut-turut sambil beristirahat disela-sela melakukannya.
  • Anda juga dapat memaksimalkalkan gerakan ini dengan mengangkat ujung kaki hingga menjinjit

Gerakan Senam Kegel Untuk Pria

Cara melakukan senam kegel pria tak jauh beda dengan wanita. Bahkan bisa dibilang sama. Tapi karena organ reproduksi pria itu berbeda dengan milik wanita. Sehingga sebisa mungkin saat melakukan senam kegel ini posisikan organ reproduksi senyaman mungkin.
  • Langkah pertama tubuh anda berada pada posisi tidur terlentang dan menghadap keatas.
  • Dua tangan disejajarkan lurus, posisi kedua kaki sedikit mengangkang, dan telapak tangan menghadap kebawah.
  • Tekuk lutut, dan gunakan bahu belakang , kepala belakang dan telapak kaki, untuk penyangga dan mengangkat berat badan keatas. Pertahankan posisi ini sekitar 5 – 10 detik. Ulang sebanyak 12 – 14 kali sambil istirahat disela anda melakukannya.
  • Anda juga dapat memaksimalkan gerakan ini dengan mengangkat ujung kaki hingga menjinjit
  • Saat senam kegel sudah mulai dilakukan, usahakan organ reproduksi tidak terapit dengan terlalu keras. Beri ruang yang nyaman bagi organ reproduksi. Bila perlu pakai celana olahraga khusus agar dapat melindungi organ reproduksi.

Nah, seperti itulah contoh gerakan senam kegel yang bisa anda coba di rumah. Tentunya setelah anda melakukan senam kegel, maka anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here