Cara Mengajar Yang Baik, Menyenangkan dan Mudah Dipahami

Harapan dari setiap orang tua dan guru adalah tercapainya tujuan pembelajaran dalam proses belajar yang berlangsung. Sebab saat tujuan pembelajaran tersebut dapat tercapai, maka murid atau siswa berarti menangkap dan memahami materi pelajaran yang telah disampaikan oleh guru. cara mengajar yang baik seorang guru tentu sangat berperan penting dalam tercapainya tujuan pembelajaran tersebut.

Supaya tujuan pembelajaran tercapai, maka guru dituntut untuk bisa secara maksimal dalam proses mengajar. Cara mengajar yang baik mulai dari perencanaan yang matang soal skenario pembelajaran yang diterapkan, langkah- langkah yang sistematis dan juga evaluasi dalam setiap akhir proses pembelajaran.

Cara Mengajar Yang Baik, Menyenangkan dan Mudah Dipahami

Panduan Cara Mengajar Yang Baik dan Menyenangkan

Untuk dapat menjadikan kelas efektif dan menyenangkan, seorang guru harus tahu tentang cara mengajar yang baik dan dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap perkembangan peserta didiknya. Nah untuk anda yang tertarik mengenai bagaimana teknik serta cara mengajar yang baik dan menyenangkan di kelas, dapat anda simak tips-tipsnya seperti berikut ini!

1. Pancing ide anak sebanyak-banyaknya

Memancing siswa untuk mengeluarkan ide-idenya adalah sesuatu yang penting. Mereka akan mempergunakan potensi berfikirnya untuk mengeluarkan unek-unek yang ada di dalam otaknya. Semakin siswa sering mengemukakan pendapatnya maka akan semakin baik juga keterampilannya dalam berkomunikasi. Dengan adanya pendapat-pendapat dari para siswa, siswa akan faham akan adanya perbedaan ide, yang akhirnya mereka akan terlatih untuk saling menghargai antar satu dengan yang lainnya.

2. Pemilihan metode yang baik dan tepat

Guru sebagai seorang pendidik diharuskan memilih suatu metode yang tepat dan berkualitas. Gunakan cara mengajar yang bisa membuat para siswa agar semakin jadi lebih aktif saat pembelajaran. Sehingga akhirnya kegiatan KBM akan menjadi tidak membosankan untuk para siswa.

3. Berikan perhatian ke seluruh siswa

Yang sering terjadi di kelas yaitu pendidik lebih cenderung memperhatikan siswa yang pintar dan juga aktif. Mari kita tarik kembali ke masa dimana kita sekolah dulu. Jika memang kita sebagai siswa yang aktif, maka kita akan merasa sangat senang karena selalu diperhatikan oleh guru kita.

Sebaliknya jika kita diam saja saat di kelas, maka kita tidak memiliki kesempatan untuk menuangkan ide serta gagasan di kelas. Makanya sering kita dengar istilah jargon, jadilah anak yang paling, paling pintar, paling ganteng, paling nakal, dll.

4. Maksimalkan teknologi yang ada

Salah satu alat yang membantu pendidik dalam menciptakan suasana yang aktif dan segar yaitu teknologi. Manfaatkanlah teknologi yang ada sekarang ini, seperti komputer, laptop, projektor dan lain sebagainya. Dengan penyajian yang bagus, baik dan juga menarik, siswa akan lebih terfokus pada materi pelajaran yang disampaikan oleh gurunya. Jangan ragu untuk membuat sesuatu yang berbeda dengan teknologi karena akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

5. Lakukan suatu bentuk pembelajaran secara outdoor

Sebaiknya guru tak hanya menerapkan suatu proses pembelajaran yang berlangsung dalam kelas saja. Anda bisa manfaatkan lokasi-lokasi yang ada. Belajar dalam kelas terus terusan hanya bisa membuat anak jenuh dan bosan. Jadi tak ada salahnya mencoba sesekali untuk melakukan kegiatan belajar mengajar outdoor. Jadi para siswa tidak bosan dengan suasana pembelajaran.

Itulah 5 cara mengajar yang baik yang bisa diterapkan oleh seorang guru saat menghadapi muridnya. Proses belajar mengajar yang menyenangkan akan membuat murid juga merasa nyaman saat belajar. Semoga informasi yang kami bagikan ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here