Cara Membuat Rangkaian Listrik Seri Sederhana Dengan Mudah

Rangkaian listrik itu terdiri dari dua macam jenis yaitu rangkaian listrik seri dan paralel. Nah, kali ini kita akan bagikan cara membuat rangkaian listrik seri sederhana dengan cara yang mudah. Rangkaian elektronik secara seri merupakan salah satu rangkaian listrik dengan susunan sejajar. Dimana komponen yang ada dipasang dengan berurutan.

Dengan kata lain, bahwa rangkaian seri memiliki susunan sejajar atau berurutan. Rangkaian seri ini biasanya sering digunakan di gedung- gedung besar, perkantoran, kampus, hotel dan lain sebagainya. Cara membuat rangkaian listrik seri sebenarnya sangat mudah. Akan tetapi tak sedikit pula yang menganggap dalam proses membuat rangkaian ini sangat susah.

Cara Membuat Rangkaian Listrik Seri Sederhana Dengan Mudah

Panduan Cara Membuat Rangkaian Listrik Seri

Sebenarnya cara membuat rangkaian listrik seri sederhana ini sangat mudah. Bahan yang dibutuhkan juga tak sulit untuk didapatkan. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan semua bahan untuk membuat rangkaian listrik seri ini. Diantaranya adalah:

  • 4 buah baterai
  • tempat baterai
  • 3 sampai 4 buah lampu
  • papan kayu
  • saklar
  • solasi hitam
  • kabel secukupnya
  • Vitting 4 buah atau tempat lampu
  • Cutter
  • gunting
  1. Tahap pertama, silahkan anda lakukan pemotongan kabel dengan ukuran sesuai dengan keperluan. Pada bagian ujung kabel, silahkan anda kupas kulit kabel dengan tang pengupas kabel. Apabila tidak tersedia, anda bisa menggunakan alternative seperti gunting maupun cutter.
  2. Langkah selanjutnya, silahkan anda pasang seluruh komponen pada papan kayu atau papan triplek yang sebelumnya sudah anda siapkan
  3. Langkah berikutnya, silahkan anda pasang baterai pada soket/tempat baterai yang sudah disediakan.
  4. Pada tahap terakhir dibagian persiapan alat, silahkan anda pasang seluruh bohlam pada vitting bohlam
  5. Pada tahap perakitan awal, setiap vitting lampu silahkan anda sambungkan dengan kabel yang sebelumnya sudah anda potong. Setelah anda menyelesaikan tahap ini, maka akan didapat hasil yaitu seluruh lampu akan saling tersambung antara lampu yang satu dengan lampu yang lainnya menggunakan kabel.
  6. Dibagian berikutnya, anda bisa menggunakan potongan kabel lagi untuk menghubungkan kabel yang berasal dari vitting bohlam menuju ke salah satu kutub baterai, misalnya adalah kutub positif. Sementara itu, kabel lainnya dihubungkan ke kutub negatif baterai.
  7. Supaya kita bisa menambahkan saklar pada rangkaian listrik seri tersebut, anda bisa memotong salah satu kabel yang menuju ke bagian baterai. Kabel yang direkomendasikan untuk dipotong adalah kabel yang menuju ke kutub positif baterai.
  8. Pasang saklar dengan cara melilitkan potongan kabel pada masing-masing ujung saklar.

Uji coba Rangkaian Listrik Seri

Setelah anda menyelesaikan proses pemasangan rangkaian listrik seri diatas, maka anda bisa mulai untuk melakukan uji coba. Caranya cukup mudah, yaitu anda cukup menekan saklar ke posisi “ON”. Apabila lampu yang terpasang semuanya bisa menyala, maka rangkaian listrik seri yang anda buat berhasil dan semua komponen tentunya bisa terpasang dengan baik dan sempurna.

Kelebihan Rangkaian Listrik Seri

Kelebihan rangkaian listrik seri daripada rangkaian listrik paralel yaitu hemat biaya. Rangkaian listrik seri ini tidak perlu kabel banyak membuat rangkaian listrik paralel. Ini tentunya akan membuat biaya untuk membangun sebuah rangkaian lebih hemat.

Selain lebih hemat biaya, rangkaian listrik seri juga lebih mudah dibuat. Karena hanya perlu mengurutkan rangkaiannya. Sebab karakteristiknya simpel, rangkaian seri punya kestabilan yang tinggi dalam menghantarkan arus listrik.

Jika anda sudah tahu cara membuat rangkaian listrik seri sederhana, semoga bisa anda aplikasikan teknik tersebut pada kehidupan sehari-hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here