Cara Agar Anak Cepat Jalan Tanpa Harus Perlu Terapi

Saat melihat buah hati bisa berjalan pastinya ini akan membuat semua ibu dan juga ayah merasa begitu gembira. Umumnya anak- anak akan mulai dapat berjalan ketika usianya memasuki usia 12 bulan. Akan tetapi ada beberapa anak yang dapat berjalan lebih cepat. Sementara ada juga yang butuh beberapa waktu untuk belajar berjalan. Kali ini kita akan berbagi cara agar anak cepat jalan tanpa harus melakukan terapi.

Beberapa orang tua memang sempat merasa khawatir dengan masalah seperti penyebab anak menjadi lambat berjalan atau penyebab anak menjadi lambat bicara. Setiap anak itu memiliki masa bicara. Setiap perkembangan anak pada dasarnya sesuai dengan sistem koordinasi antara tubuh, syaraf dan juga otot anak. Kesehatan anak yang yang baik tentu akan membantu anak cepat jalan.

Cara Agar Anak Cepat Jalan Tanpa Harus Perlu Terapi

Langkah dan Cara Agar Anak Cepat Jalan

Perkembangan kemampuan dari masing-masing bayi memang berbeda-beda. Meski begitu, pada umumnya, mereka bisa memulai langkah pertamanya saat usia 9 bulan. Bila bayi Anda sudah mencapai usia tersebut tapi ia masih belum berani berjalan sendiri, maka cobalah lakukan beberapa tips dan cara agar anak cepat jalan berikut ini agar terstimulasi dan mempunyai keberanian lebih.

1. Biarkan Anak Belajar Berjalan Tanpa Mengenakan Alas Kaki

Saat anak mulai belajar untuk berjalan, ia tertarik untuk dapat melakukannya sendiri. Oleh karena itu, jangan coba memakaikan alas kaki seperti sepatu, sendal atau kaus kaki. Anak akan bisa mencengkeram kuat pada lantai jika bertelanjang kaki, sehingga anak tidak akan merasa takut dan menjadi lebih berani untuk melangkah. Memakaikan alas kaki baik kaus kaki, sepatu atau sendal malah akan membuat anak merasa takut karena alas kaki akan membuat lantai terasa licin dan sehingga anak akan takut jatuh.

2. Melatih otot punggung anak

Untuk berjalan biasanya banyak orang berpikir bahwa hanya perlu kekuatan otot kaki. Tapi nyatanya hal ini tak benar, sebab sebenarnya otot punggung jadi tumpuan utama supaya anak bisa berjalan dengan sendiri. Kekuatan pentingĀ  bisa dilakukan dengan latihan otot punggung sehingga dari kepala sampai kaki bisa terlatih. Otot punggung yang lemah pada anak akan sulit berjalan dengan cepat walaupun sudah sering melakukan latihan berjalan. Berikut ini cara untuk melatih otot punggung anak:

  • Ciptakan gerakan yang membantu anak melatih gerakan kepala dan otot leher.
  • Posisikan anak tengkurap sempurna kemudian letakkan mainan dan benda yang menarik supaya sedikit jauh dari posisi anak. Ia nanti akan mendongakkan kepala saat merasa tertarik dan memancing otot leher bisa bekerja sebaik- baiknya.
  • Saat anak tengkurap ini bisa menstimulasi kaki dan otot punggung anak bersamaan.
  • Anda bisa coba berbagai cara pijat bayi yang benar dengan melakukan spa bayi agar bisa bermanfaat.

3. Latih Anak agar Belajar Mengontrol Gerakan dan Rasa Takut

Saat awal awal belajar berjalan anak akan merasa takut. Karena saat belajar melangkah sedikit kemudian jatuh. Seringnya jatuh itu, tentunya akan menimbulkan ketakutan tersendiri. Oleh karena itu, berikan bantuan pada anak agar anak merasa nyaman saat berjalan. Lapisi lantai dengan bahan yang lembut, agar saat jatuh anak tidak merasa kesakitan. Berikan rasa percaya diri pada anak bahwa jatuh merupakan bukan hal yang apa apa.

Itulah beberapa cara agar anak cepat jalan tanpa harus melakukan terapi. Semoga dengan cara yang kami bagikan ini bisa menambah pengetahuan dan memberikan manfaat untuk anda semuanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here