Apa Penyebab Kulkas Tidak Dingin Kompresor Panas

Saat cuaca sedang panas seperti ini memang enaknya itu minum minuman yang dingin. Tapi saat anda dikagetkan dengan minuman yang ada di kulkas kok tidak dingin pasti anda akan merasa bingung. Nah, bila anda pernah mengalami kulkas tidak dingin kompresor panas, apakah itu tanda bahwa kulkas anda rusak, lalu apa penyebabnya? Kita akan mengulasnya di bawah ini.

Panas yang terdapat pada kompresor adalah sebuah hal yang wajar. Akan tetapi bagaimana bila panas tersebut dirasa berlebihan ? maka ini adalah sebuah kondisi yang tidak normal. Bilakompresor terlalu panas bisa menyebabkan kompresor mati. Sebab pada kompresor ada alat bernama overload yang berfungsi sebagai pemutus arus listrik bila kompresor dirasa terlalu panas.

Apa Penyebab Kulkas Tidak Dingin Kompresor Panas

Penyebab Kulkas Tidak Dingin Kompresor Panas

Bila kompresor kulkas kondisinya panas tetapi kulkas sama sekali tidak dingin, maka hal ini bisa disebabkan karena berbagai hal. Tapi biasanya ini terjadi karena pipa kapiler itu buntu atau bisa juga karena kumparan motornya terbakar.

Penyebab kumparan motor itu terbakar adalah karena kulkas itu sering mati lalu dihidupkan lagi dalam kurun waktu di bawah 3 menit dengan terus menerus. Contohnya saat kondisi stop kontak kurang baik karena sering terjadi turun listrik. Atau, dapat juga karena sering terjadinya mati listrik pada rentan waktu yang berdekatan.

Saat kondisi kompresor tidak stabil atau mati hidup, kompresor pun akan mengalami panas berlebih. Saat itu, overload protector pun bekerja mematikan hubungan listrik ke kompresor untuk mendinginkan kompresor.

Nah, jika kondisi ini terjadi terus-menerus, maka beban kerja kompresor bisa meningkat dan menjadi panas overload, bahkan bisa membuatnya terbakar.

Ciri Kompresor Kulkas Yang Rusak

Sebagai langkah awal dalam mendeteksi kerusakan pada kompresor kulkas, coba lakukan tes sederhana dengan membekukan es batu di dalam freezer-nya. Apabila es tersebut masih menjadi air walaupun kamu sudah membekukannya dalam rentan waktu cukup lama, hal itu bisa menjadi pertanda.

Namun, kamu jangan lantas memvonis hal itu sudah pasti ciri-ciri kompresor kulkas yang rusak. Beberapa kasus lain, bisa menjadi penyebab kulkas tidak dingin kompresor panas. Salah satunya pintu kulkas yang tidak dapat menutup rapat secara sempurna, sehingga suhu ruangan dapat masuk ke dalam kulkas dan mengganggu proses pendinginan.

Suara kompresor keras dan berisik

Suara mesin kompresor kulkas yang terdengar cukup keras dan berisik bisa menjadi pertanda kompresor kulkas kamu bermasalah. Biasanya, beberapa hari ke depan kompresor akan mengalami mati total.

Kompresor hanya mengeluarkan suara berdengung saja

Pada kasus ini, kulkas tetap nyala, namun mesin kompresor hanya mengeluarkan suara berdengung saja. Umumnya, masalah ini terjadi karena tegangan listrik terlalu rendah, atau sebaliknya. Jika masalahnya seperti ini, umumnya ampere kompresor ini akan naik juga disusul dengan mesin kompresor yang mati.

Meningkatnya ampere kompresor melebihi batas normal

Untuk memastikan meningkat atau tidaknya ampere atau tekanan freon, kita juga harus mengetahui PSI tekanan freon dan maksimal ampere kompresor tersebut terlebih dahulu. Pasalnya, tidak semua kulkas memiliki indikator yang sama.

Itulah beberapa kasus dimana kulkas tidak dingin tapi kompresor panas. Jika panas kompresor tidak seperti biasanya, maka bisa dipastikan kompresor kulkas tersebut bermasalah, atau mungkin rusak. Sebaiknya anda cari tahu cara memperbaiki kulkas yang rusak dengan benar. Atau anda bisa memanggil tukang service. Bisa juga anda beli kulkas baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here